PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUALUH SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental design. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Populasi pada penelitian ini semua peserta didik kelas VIII yang berjumlah 170 orang dengan sampel yang berjumlah 33 orang yang diambil dengan cara di rendom. Populasi selanjutnya dipilih 2 kelas untuk menentukan mana kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII-3 sebagai kelas Eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Map dan kelas VIII-1 sebagai kelas Kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata dari dari 33 peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 74,12 dengan standar deviasi 2,997 dan pada kelas kontrol dari 33 peserta didik nilai rata-rata sebesar 70,73 dengan standar deviasi 4,034. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independen t-test dihitung dengan menggunakan IBM SPSS Stastics Versi 20 for windows diperoleh thitung > ttabel yaitu (3,178 > 1,671) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i1.1885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN