MODIFIKASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED DAN PMR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui modifikasi pendekatan Open-Ended dan PMR di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Non-equivalent Control Group Design. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Populasi pada penelitian ini semua peserta didik kelas VIII yang berjumlah 170 orang dengan sampel yang berjumlah 35 orang yang diambil dengan cara di rendom. Populasi selanjutnya dipilih 1 kelas untuk menentukan mana kelas ekperimen. Kelas VIII5 sebagai kelas Eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan modifikasi pendekatan pembelajaran Open Ended dan PMR. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata pretest dari dari 35 peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 46,24 dengan standar deviasi 7,897 dan pada kelas eksperimen dari 35 peserta didik nilai rata-rata postest sebesar 73,56 dengan standar deviasi 3,230. Berdasrakan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independen t-test dihitung dengan menggunakan IBM SPSS Stastics Versi 20 for windows diperoleh thitung > ttabel yaitu (2,833 > 1,671) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan modifikasi pendekatan pembelajaran Open Ended dan PMR di kelas VIII5 SMP Negeri 1 Kualuh Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Â
Â
Kata kunci : Open Ended dan PMR, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
References
Asiskawati, dkk 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3. Nomor 2.
Dharmayana, dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia. Volum. 2. Nomor 2.
Irmayanti, dkk 2019. Pengaruh Pendekatan Open Ended Problems terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Peluang di Kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Pembelajaran Matematika Sigma (JPMS) Volume. 5. Nomor. 1.
Fauziyah, dkk. 2017. Pembelajaran Saintifik Elektronik Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Invotec. Volume 9. Nomor 1.
La Moma. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1.
Lestari, A. 2014. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materisoal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Baratâ€. Jurnal Eleketronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 2, Nomor 1.
OECD. 2016. Low Performing Students: Why They Fall Behind and How to Help Them Succeed. Paris: OECD Publishing. Tersedia padahttp://dx.doi.org/10.1787/9789264250246-en. Diakses tanggal 5 Januari 2020.
Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1.
Rosnita. 2007. Evaluasi Pendidkan. Bandung: Citapustaka Media
Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Suherman, Herman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman, Suhendra, SufyaniPurbawanto, Nurjanah dan Ade Rohayati, 2004. Strategi PembelajaranMatematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika. DiktatPerkuliahan FKIP, UPI. Bandung: Tidak diterbitkan
Saefudin, Azwar. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Siswono (2014:78) Siswono, T. Y. E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press, Surabaya.
Shimada (1997:43) Shimada, 1997. The Significance of An Open-Ended Approach, Virginia: NationalCouncil of Theachers Mathematics.
Sumirah, dkk. 2012. Konsep Dasar Pembelajaran. Jakarta : Bumi Medika.
Wafiq Khain (2016:78) Wafiq Khairi, 2013. Implementasi Model Problem Based Learning BerbantuanMultimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif SiswaKelas VII SMP Negeri 4 Kudus Pada Materi Segitiga, UNNES: Semarang
DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v2i1.1891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN