PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI ANIMAKER PADA TEMA KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA UNTUK SISWA KELAS I SDN MAKASAR 07 PAGI

Arida Manurung Rida, Febrianti Yuli Satriyani

Abstract


Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan semakin menjadi fokus penelitian, dengan tujuan untuk meningkatkan minat, pemahaman, dan partisipasi aktif siswa. Salah satu pendekatan yang menarik adalah penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas video animasi silsilah keluarga sebagai media pembelajaran alternatif. Responden penelitian adalah siswa sekolah dasar. Hasil penelitian adalah memahami konsep silsilah keluarga dan memperoleh respon positif dari siswa dalam hal minat belajar dan keterlibatan. Implikasi dari penelitian ini adalah video animasi silsilah keluarga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik dan efektif dalam menyampaikan informasi tentang silsilah keluarga. Penelitian selanjutnya mengeksplorasi lebih lanjut penggunaan media ini dalam konteks pendidikan formal dan informal.

Kata Kunci : video animasi, silsilah keluarga, media pembelajaran



DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.5854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.