Peningkatan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Realistik

Diah Hasanah, Laili Habibah Pasaribu

Abstract


Dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa mengalami peningkatan self-efficacy dan motivasi untuk belajar. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini melibatkan siswa dari kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rantau Selatan yang sedang menjalani semester genap, terdiri dari 36 siswa dari kelas XI IPA 3 dan 35 siswa dari kelas XI IPA 5. Lembar angket tentang motivasi belajar siswa dan self-efficacy digunakan sebagai instrumen penelitian. Untuk menguji hipotesis, uji Anova Satu Jalur dengan hasil signifikan 0,00≤0,05 menunjukkan bahwa ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan untuk self-efficacy dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik (PMR). Pada kelas XI IPA 3, self-efficacy dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika memperoleh nilai mean yaitu 57,42 dan 77,81. Sedangkan pada kelas XI IPA 5, self-efficacy dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika memperoleh nilai mean yaitu 58,74 dan 74,34. Kata Kunci: Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika Realistik




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.5918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.