Analisis Toleransi Beragama Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan

Suci Wulandari, Rohana Rohana, Toni Toni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toleransi beragama sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial  peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantau  Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sikap kurang peka terhadap lingkungan disekitar mereka. Mereka sering kali mengabaikan kegiatan  yang berkaitan dengan keagamaan. Dengan kata lain mereka lebih mementingkan kelompoknya sendiri, mereka hanya mau bergaul dan berinteraksi kepada sesama mereka dan menganggap kelompoknya lebih baik. Analisis data dilakukan seacra deskriptif kualitatif . Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dengan responden berjumlah 77 orang, narasumber sebanyak 4 orang dan informan kunci sebanyak 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi.Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarakan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa tingkat toleransi beragama sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial peserta didik.Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan menerima perbedaan. Mengingat bahwa lingkungan sosial mereka tidak hanya terdapat sekelompok mereka saja akan tetapi ada perbedaan orang lain  yang harus dijaga dan dihargai baik dari segi agama maupun perbedaan lainnya. Kemampuan menghargai dan menghormati perbedaan orang lain merupakan wujud dari adanya sikap toleran yang ada pada diri seseorang dan akan melibatkan keikutsertaan pribadi seseorang termasuk dalam menjaga sikap maupun prilaku terhadap agama orang lain. Oleh karena itu pentingnya memiliki sikap toleransi terhadap orang lain agar terjaganya kedamaian dalam interaksi sosial dilingkungan sekolah.



DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.5920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.