UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL PROJEC BASED LEARNING (PJBL) DI KELAS X A SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA

Anggaraini Pratiwi, Rahmi Nazliah, Fauziah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kreativitas peserta didik di kelas X-A SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Ajaran 2023/2024 pada materi Bioteknologi dengan menerapkan pembelajaran Projec Based Learning (PJBL) .Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan peserta didik sebanyak 36 orang.Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik pada siklus I dengan ketuntasan 64% dan mengalami peningkatan menjadi 83% pada siklus ke II.Hal ini menunjukkan bahwa persentase kreativitas belajar peserta didik secara klasikal telah memenuhi standart 75% dari KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model Projec Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X-A SMA Negeri 1Ranrau Utara

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.6016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN