THE INFLUENCE OF LEARNING COMMUNITY LEARNING ON INCREASING PPKN LEARNING OUTCOMES FOR CLASS X STUDENTS AT SMA NEGERI 1 BILAH BARAT
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Learning Community Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bilah Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan). Berdasarkan penyajian hasil analisis data ditemukan bahwa skor rata-rata hasil belajar PPKn siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan (pretest) adalah sebesar 67,71. Skor tertinggi yang dicapai siswa adalah 85,00 dan skor terendah 55,00. Dengan Distribusi Frekuensi dan Persentase Skor berada pada kategori “sangat rendah”. Berdasarkan kriteria ketuntasan individu juga ditemukan sebanyak 13 orang siswa atau 54,2% belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang atau 45,8% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan (pretest) di dapatkan nilai rata-rata sebesar 66,30. Jumlah siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan individu adalah sebanyak 17 orang atau 63%, sedangkan 10 orang atau 37% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Setelah guru PPKn menggunakan pembelajaran Learning Community ditemukan data peningkatan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bilah Barat yaitu: pada kelas eksperimen siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan individu adalah 1 orang atau 4,17%, sedangkan 23 orang atau 95,83% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada kelas kontrol jumlah siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan individu adalah sebanyak 1 orang atau 3,70%, sedangkan 26 orang atau 96,30% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t juga juga diperoleh thitung>ttabel = 14,923> 1,677 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh positif dan signifikan pembelajaran Learning Community terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bilah Barat.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i2.7197
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN