ANALISIS PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMAHAMAN WAWASAN KEBANGSAAN SISWA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap pemahaman wawasan kebangsaan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 NA IX-X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan gambaran data berupa kata-kata lisan maupun tertulis dari sampel yang diamati. Berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 1 NA IX-X dapat dipastikan pemahaman wawasan kebangsaan siswa kelas XI sudah cukup baik, dan dengan pembelajaran PPKn yang cukup menyenangkan siswa jadi lebih memahami pembelajaran.
References
Aisyah, S., Dinie, N. &, & Dewi, A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan Di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1).
Hanipah, R., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penguatan Karakter Cintah Tanah Air Melalui Pemahaman Wawasan Kebangsaan Abad 21. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 678–683.
Novaroza, V., Hambali, H., Hariyanti, H., & Hardian, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran PKn terhadap Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Universitas Riau. Journal on Education, 5(3), 9370–9379.
Putra, D. A. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Wawasan Kebangsaan Pada Siswa Kelas Ix Di Smp Negeri 4 Singaraja.
Rajagukguk, K. J., Rulinawaty, R., & Madya, F. (2022). Strategi Pengembangan Empat Pilar Kebangsaan Terhadap Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Dan Generasi Bangsa Indonesia Di Provinsi Sumatera Utara. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 773–780.
DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v6i1.8036
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN