PERAN BIDANG STUDI PPKN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI TORGAMBAH, KAB. LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015
Abstract
Kemampuan seorang guru dalam Meningkatkan kualitas pendididkan dalam menyampaikan materi pelajaran pada kelas VIII akan sangat diuji karena tingkat pemahaman siswa dalam meningkatkan kualiatas pendididkan harus di tingkatkan Untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran berlangsung dengan semestinya adalah tujuan penelitian ini. Penelitian akan mengukur peran Peran Bidang Studi PPKn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan Mengenai pembelajaran PKN serta faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran PKN di kelas Peran Bidang Studi Pkn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseach) dan mengambil latar Siswa Kelas Viii SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan dalam, hal ini meneliti bagaimana pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data dengan triangulasi dan disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran bidang studi PKn dalam meningkatkan kualitas minat belajar siswa Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran guru sebagai pengajar meliputi pembuatan RPP, Silabus sudah baik dengan orentasi meningkatkan peran minat belajar PKn interprestasi angket mencapai 81,25%. Peran guru sebagai pengelola kelas guru menggunakan power point, pembentukan kelompok belajar, (2) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah kondisi siswa yang masih labil karena usia serta asal siswa yang beragam dengan kondisi lingkungan sosial yang berbeda.
Kata Kunci : Model pembelajaran ini menggunakan Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data secara kualitatif
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aidil, “Peranan Guru dan Relevansinya
terhadap Motivasi
Belajar Bahasa Arab Siswa
di Pondok Pesantren Wali
Songo Ngabar
Ponorogo Jawa Timur
(Tinjauan Perspektif
Psikolinguistik)â€, Skripsi,
Jurusan Pendidikan Bahasa
Arab Fakultas Tarbiyah
Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta,
s Sardiman., Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar, Jakarta: Rajawali, 1986.
ISSN: ISSN 2460-611 CIVITAS
Vol. 1 No. 1 Maret 2021
Hal : 1-10
Rohana (2015) Halaman: 9
Kajian:
Pembelajaran PPKn
Darmaningtyas, Pendidikan RusakRusakan,
Yogyakarta: PT
LkiS Pelangi Aksara, 2005.
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar
dan Kompetensi Guru,
Surabaya: Usaha Nasional,
Endriani,Ani,IndikatorMinatBelajar,
http://aniendriani.blogspot.
com/2011/03/indikatorminat
-belajar.html, Senin 19
Desember 2012.
Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional:
Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan,
Bandung: Rosdakarya, 2005.
Moeloeng, Lexy J. Metode Penelitian
Kualitatif, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2006.
Priyadi, Agus, “Peranan Guru dalam
Meningkatkan Prestasi
Belajar Bahasa Arab Siswa
MTs Wahid Hasyim Gaten
Yogyakartaâ€, Skripsi, Jurusan
Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2005.
Kaelan, dkk., Pendidikan
Kewarganegaraan, Yogyakarta:
Paradigma, 2007 Saputro, Suenarto
Dkk, Buku Pedoman Penulisan
Skripsi, Yogyakarta: Uin-suka
Simanjuntak dkk, Proses Belajar Mengajar,
Bandung: Tarsito, 198tyaningrum,
Wahyu Dewi, “Peran Guru
Pendidikan Agama Islam (PAI)
dalam Pembentukan Karakter Siswa
di MTs An-Nawawi 01 Berjan
Gerbang Purworejo (Studi Kasus
Tahun 2010/1011)â€, Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2011.
ISSN: ISSN 2460-611 CIVITAS
Vol. 1 No. 1 Maret 2021
Hal : 1-10
Rohana (2015) Halaman: 10
Kajian:
Pembelajaran PPKn
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhinya, Jakarta:
Rineka Cipta, 2003. Sugiyono,
Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D, Bandung:
Alfabeta, 2010.
ISSN: ISSN 2460-611 CIVITAS
Vol. 1 No. 1 Maret 2015
Hal : 1-10
Rohana (2015) 11
Kajian:
Pembelajaran PPKn
Sudjana Nana, Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar, Bandung:
Balai Pustaka, 1987
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode
Penelitian Pendidikan, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2007.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan: Suatu
Pendekatan Baru, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 1995.
Usman, Uzer dan Lilis Setiawati, Upaya Optialisasi
Kegiatan Belajar Mengajar,
Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1993.
Wijaya, Cece dkk, Upaya Pembaharuan dalam
Pendidikan dan
Pengajaran, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1992.
Winallraputra, Udin S, Materi Pokok
Pembelajaran PKN di
SD , Jakarta: Universitas
Terbuka,
Wiraatmadja, Rochiati, Metode Pendidikan Tindakan
Kelas, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2005
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)