PERAN BIDANG STUDI PPKN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI TORGAMBAH, KAB. LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015

Rohana Rohana, Praida Hansyah

Abstract


Kemampuan seorang guru dalam Meningkatkan kualitas pendididkan dalam menyampaikan materi pelajaran pada kelas VIII akan sangat diuji karena tingkat pemahaman siswa dalam meningkatkan kualiatas pendididkan harus di tingkatkan Untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran berlangsung dengan semestinya adalah tujuan penelitian ini. Penelitian akan mengukur peran Peran Bidang Studi PPKn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan Mengenai pembelajaran PKN serta faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran PKN di kelas Peran Bidang Studi Pkn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseach) dan mengambil latar Siswa Kelas Viii SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan dalam, hal ini meneliti bagaimana pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data dengan triangulasi dan disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran bidang studi PKn dalam meningkatkan kualitas minat belajar siswa Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran guru sebagai pengajar meliputi pembuatan RPP, Silabus sudah baik dengan orentasi meningkatkan peran minat belajar PKn interprestasi angket mencapai 81,25%. Peran guru sebagai pengelola kelas guru menggunakan power point, pembentukan kelompok belajar, (2) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah kondisi siswa yang masih labil karena usia serta asal siswa yang beragam dengan kondisi lingkungan sosial yang berbeda.

Kata Kunci : Model pembelajaran ini menggunakan Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data secara kualitatif


References


Aidil, “Peranan Guru dan Relevansinya

terhadap Motivasi

Belajar Bahasa Arab Siswa

di Pondok Pesantren Wali

Songo Ngabar

Ponorogo Jawa Timur

(Tinjauan Perspektif

Psikolinguistik)â€, Skripsi,

Jurusan Pendidikan Bahasa

Arab Fakultas Tarbiyah

Universitas Islam Negeri

Sunan Kalijaga Yogyakarta,

s Sardiman., Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar, Jakarta: Rajawali, 1986.

ISSN: ISSN 2460-611 CIVITAS

Vol. 1 No. 1 Maret 2021

Hal : 1-10

Rohana (2015) Halaman: 9

Kajian:

Pembelajaran PPKn

Darmaningtyas, Pendidikan RusakRusakan,

Yogyakarta: PT

LkiS Pelangi Aksara, 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar

dan Kompetensi Guru,

Surabaya: Usaha Nasional,

Endriani,Ani,IndikatorMinatBelajar,

http://aniendriani.blogspot.

com/2011/03/indikatorminat

-belajar.html, Senin 19

Desember 2012.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional:

Menciptakan Pembelajaran

Kreatif dan Menyenangkan,

Bandung: Rosdakarya, 2005.

Moeloeng, Lexy J. Metode Penelitian

Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2006.

Priyadi, Agus, “Peranan Guru dalam

Meningkatkan Prestasi

Belajar Bahasa Arab Siswa

MTs Wahid Hasyim Gaten

Yogyakartaâ€, Skripsi, Jurusan

Pendidikan Bahasa Arab

Fakultas Tarbiyah Universitas

Islam Negeri Sunan Kalijaga

Yogyakarta, 2005.

Kaelan, dkk., Pendidikan

Kewarganegaraan, Yogyakarta:

Paradigma, 2007 Saputro, Suenarto

Dkk, Buku Pedoman Penulisan

Skripsi, Yogyakarta: Uin-suka

Simanjuntak dkk, Proses Belajar Mengajar,

Bandung: Tarsito, 198tyaningrum,

Wahyu Dewi, “Peran Guru

Pendidikan Agama Islam (PAI)

dalam Pembentukan Karakter Siswa

di MTs An-Nawawi 01 Berjan

Gerbang Purworejo (Studi Kasus

Tahun 2010/1011)â€, Skripsi, Jurusan

Pendidikan Agama Islam Fakultas

Tarbiyah dan Keguruan Universitas

Islam Negeri Sunan Kalijaga

Yogyakarta, 2011.

ISSN: ISSN 2460-611 CIVITAS

Vol. 1 No. 1 Maret 2021

Hal : 1-10

Rohana (2015) Halaman: 10

Kajian:

Pembelajaran PPKn

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya, Jakarta:

Rineka Cipta, 2003. Sugiyono,

Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D, Bandung:

Alfabeta, 2010.

ISSN: ISSN 2460-611 CIVITAS

Vol. 1 No. 1 Maret 2015

Hal : 1-10

Rohana (2015) 11

Kajian:

Pembelajaran PPKn

Sudjana Nana, Dasar-dasar Proses Belajar

Mengajar, Bandung:

Balai Pustaka, 1987

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode

Penelitian Pendidikan, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2007.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan: Suatu

Pendekatan Baru, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 1995.

Usman, Uzer dan Lilis Setiawati, Upaya Optialisasi

Kegiatan Belajar Mengajar,

Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1993.

Wijaya, Cece dkk, Upaya Pembaharuan dalam

Pendidikan dan

Pengajaran, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1992.

Winallraputra, Udin S, Materi Pokok

Pembelajaran PKN di

SD , Jakarta: Universitas

Terbuka,

Wiraatmadja, Rochiati, Metode Pendidikan Tindakan

Kelas, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2005




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)