PENELITIHAN TINDAKAN KELASPENGARUH PEMBELAJARAN PORTOFOLIOTERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII MTS NEGERI 2 RANTAUPRAPAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Junita Junita, Marlina Siregar

Abstract


Model pembelajaran portofolio merupakan mdel pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerima materi pembelajaran yang akan disampaikan pendidikan dengan pilihan model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitihan ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan model pembelajaran porfolio pada mata pembelajaran Pendidikan Kewarganeraaan, populasi penelitihan adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Rantauprapat yang berjumlah 232 orang, dan yang menjadi sampel untuk hubungan model pembelajaran porfolio (variabel X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Variabel Y), dilakukan uji korelasi product moment diperolah rhitung = 0,529, sedangkan rtabel = 0, 312, maka r hitung > r tabel. Dengan demikian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan anatara pembelajaran porfolio terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2012/2013 dalam mata pambelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

 

 

Kata kunci: Portofolio, peningkatan hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Angkoro, R, Kosasi, A.2007.Otimalisasi Media pembelajaran, Jakarta; PT.Grafindo.

Arifin, Zainal.2009.Evaluasi Pembelajaran Bandung; PT. Remaja Rosda Kaya.

Arikunto, Suharsimi. 2006.Metodologi Penelitihan.Jakarta: Rineka cipta. Fajar, Anie.2007. portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung:PT.Remaja Rosda Karya. Harjanto,Agus.2008.PerencanaPengajaran.Jakarta:Rieneka Cipta Makmur, abisn Samsudin.2009.Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Portofolio.Jakarta:Rieneka Cipta

Sardiaman, dkk.2008.Pembelajaran IPS terpadu. Solo:Platinum

Sudjana. Nana.2010. Penilaian Hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi.2009 Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)