PENGARUH PENERAPAN MODEL AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PKN KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Murni Budiati

Abstract


Model Pembelajaran Team Quis merupakan model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaran yang akan di sampaikan pendidik dengan memilih model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI (Sebelas) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat yang berjumlah 137 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyakk 70 orang siswa kelas XI 2 dan kelas XII 2 .Model Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk hubungan metode pembelajaranTeam Quis (Variabel X ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Variabel Y ) , dilakukan korelasi product moment diperoleh rhitung> rtabel ,Dengan demikian menunjukkan Terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Team Quis terhadap hasil belajar siswa kelas XI (Sebelas ) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Maka dengan Model Team Quis peneliti dapat menerapkan di sekolah dan dapat di gunakan oleh guru yang ada di sekolah sebagai model pembelajaran yang menyenangkan,dengan kata lain model team Quis ini dapat merubah hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat,kecamatan Kampung Rakyat di peroleh data-data yang menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Aktif Team Quistergolong tinggi dalam mata pelajaran Pkn.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006, Metodologi Penelitian. Jakarta :Rienaka Cipta Fajar.

Fajar, Anie.2007, Team Quiz dalam Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Manalu.2008.Belajar Yang Efektif. Bandung.Tarsito.

Sanjaya,Wina.2006.Metode Pembelajaran Team Quiz.Jakarta:Reanaka Cipta.

Sudjana,Nana.2010.Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Angkowo,R.Kosasih.A.2007,Optimalisasi Media Pembelajaran.Jakarta:PT.Grafindo.

Arifin,Zainal.2009,EvaluasiPembelajaran.Bandung:PT.RemajaRosdakarya.

Sudjana, Nana. 2008. Model Pembelajaran Statistika. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : PT. Bumi Aksara.

Trianto.2007. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Sumantri,dkk. 2008. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta : Dekdibud.

Sanjaya, Wina. 2006. Model Pembelajaran Team Quiz. Jakarta : Rienaka Cipta.

Angkowo, R, Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta :PT,GrafindoHarjanto

,Agus. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta :PT. Rienaka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)