PENERAPAN MEDIA FLOW CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII MTS PERDAMEAN SIGAMBAL KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Marlina Siregar

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan menggunakan penerapan flow card untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas VII MTS perdamean sigambal kabupaten labuhanatu tahun pelajaran 2013/2014. Penelititan ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru (penilitan) dan siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh dua orang rekan penelitian. Pengamatan dilakukan terhadap 50 orang siswa. Indicator keberhasilan penelitian meliputi: persentase penelitian hasil, ketuntasan belajar, dan hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa yang termaksud criteria tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I  sebesar 52 %  hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai > 85%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,18 serta terdapat 46 siswa yang termasuk kedalam kretireia tuntas  dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 92% dan mencapai kriteria ketuntasan klasikal berdasarkan  persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu siklus I rata-rata tingkat persentase keaktifan siswa yaitu 51,26% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5 % dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: media kartu soal, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2000. Media pembelajaran. Bandung wacana prima.

Arikunto, 2009. Pengantar statistik pendidikan, jakarta. Raja grafindo

Chalijah, 2004. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung. Remaja rosda karya

Djamarah. 2002. Strategi belajar mengajar. Jakarta : rineka cipta

Hansen. 2005. Pedagogik media dan pendidikan . bandung : jemmars

Nasution. 2002. Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar, bandung. Bumi aksara.

Rohani. 2006. Metode pembelajaran. Bandung wacana prima

Setyadi. 2006. Inovasi pembelajaran melalui kartu alir (flow card) dalam meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa VIII sekolah menengah pertama negeri sidoarjo.

Sipayung. 2009. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruinya. Bandung rineka cipta

Sudjana dan rivai. 2002. Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar, bandung, p. T. Rosdakary

Wibawa dan farida, 2001. Media pembelajaran Bandung : Jerma




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)