PENERAPAN MEDIA FLOW CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII MTS PERDAMEAN SIGAMBAL KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan menggunakan penerapan flow card untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas VII MTS perdamean sigambal kabupaten labuhanatu tahun pelajaran 2013/2014. Penelititan ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru (penilitan) dan siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh dua orang rekan penelitian. Pengamatan dilakukan terhadap 50 orang siswa. Indicator keberhasilan penelitian meliputi: persentase penelitian hasil, ketuntasan belajar, dan hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa yang termaksud criteria tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 52 % hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai > 85%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,18 serta terdapat 46 siswa yang termasuk kedalam kretireia tuntas dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 92% dan mencapai kriteria ketuntasan klasikal berdasarkan persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu siklus I rata-rata tingkat persentase keaktifan siswa yaitu 51,26% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5 % dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Â
Kata kunci: media kartu soal, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arsyad. 2000. Media pembelajaran. Bandung wacana prima.
Arikunto, 2009. Pengantar statistik pendidikan, jakarta. Raja grafindo
Chalijah, 2004. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung. Remaja rosda karya
Djamarah. 2002. Strategi belajar mengajar. Jakarta : rineka cipta
Hansen. 2005. Pedagogik media dan pendidikan . bandung : jemmars
Nasution. 2002. Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar, bandung. Bumi aksara.
Rohani. 2006. Metode pembelajaran. Bandung wacana prima
Setyadi. 2006. Inovasi pembelajaran melalui kartu alir (flow card) dalam meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa VIII sekolah menengah pertama negeri sidoarjo.
Sipayung. 2009. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruinya. Bandung rineka cipta
Sudjana dan rivai. 2002. Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar, bandung, p. T. Rosdakary
Wibawa dan farida, 2001. Media pembelajaran Bandung : Jerma
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1502
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)