PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KECAMATAN NA. IX-IX TAHUN PELAJRAN 2013/2014

Marlina Siregar, Junita Junita

Abstract


Model pembelajaran Team Quiz merupakan suatu memungkinkan siswa untuk mengembangkan pola pikirnya sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing, model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan matari pelajaran yang akan disampaikan pendidik dengan pilihan model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penerapan Model Pembelajaran Tema Quiz pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. IX-X yang berjumlah 280 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa. Untuk model pembelajaran Team Quiz (variabel X) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (variabel Y), penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan belajar siswa pada siklus nilai rata-rata 7,22 dan siklus II menjadi 8,14. Dengan demikian menunjukkan adanya korelasi positif, ini berarti diterimanya hipotesis yang menyatakan Terhadap pengaruh Model Pembelajaran Kewarganegaraan kompetensi dasar penegaan dan perlindungan HAM di Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. IX-X.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran Team Quiz, peningkatan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahaman,Mulyono,2009. Pendidikan bagi anak yang berkualitas belajar, Jakarta : Rineka Cipta

Ali Muhammad,2007, Penelitian Pendidikan prosedur dan strategi.Bandung : Angkasa

Arikuto ,Suharsini,2006. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsini 2008. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.Jakarta : Rineka Cipta

Istarani.2011.58 Model Pembelajaran inovatif, referensi guru dalam menentukan model pembelajaran. Medan : Media Persada

Muhibudin 2008. Wawasan Pendidikan. Jakarta : Ar-Ruzz Meda.

Panjaitan,R.2011. Model Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press, Yogyakarta

Pendidikan kewarganegawaan. 2006. Kurikulum Dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta:Depdiknas

Ruchi dan Harry. 2006 Tekhnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Gravindo Persada

Salameto. 2007. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)