PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SUMBER MULYO TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Sumber Mulyo, Kec. Marbau, Kab. Labuhan Batu Utara pada April s/d Mei 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dan problem posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pkn Kelas X.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu X2 dan X3. Teknik pengambilan sampel adalah tekhnik random sampling, . Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 22.Dari hasil uji hipotesis, uji-t sampel berpasangan (Paired Sample t-test), diperoleh nilai thitung sebesar 2,425 dan ttabel dengan α = 0,05, df = 21 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,042. Nilai thitung > ttabel atau 2,425 > 2,042. dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Pengaruh Podel Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Pkn Kelas X Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Â
Kata Kunci : model problem solving, model problem posing, hasil belajar pknFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Baharuddin,2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruz Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Grasindo.
http:// akhmadsudrajat.wordpress.com. Teori-teori Belajar. Diakses: Tanggal 20 Januari 2016, Pukul 21.00 WIB.
Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belaja. Surakarta : Pustaka Pelajar.
Riyanto, Theo. 2002. Pembelajaran sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta:
Rusman, 2012. Model- Model Pembelajaran.Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Sugiono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Trianto,2011. Mendesain Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Chintia 2013. Proposal Penerapan Metode Problem Solving. http://chintiamartianingsih.blogspot.com/2013/05/proposal-penerapan-metode-problem_25.html
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)