PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SUMBER MULYO TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016

Erika Julwidiyanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Sumber Mulyo, Kec. Marbau, Kab. Labuhan Batu Utara pada April s/d Mei 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dan problem posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pkn Kelas X.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu X2 dan X3. Teknik pengambilan sampel adalah tekhnik random sampling, . Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 22.Dari hasil uji hipotesis, uji-t sampel berpasangan (Paired Sample t-test), diperoleh nilai thitung sebesar 2,425 dan ttabel dengan α = 0,05, df = 21 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,042. Nilai thitung > ttabel atau 2,425 > 2,042. dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Pengaruh Podel Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Pkn Kelas X Tahun Pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci : model problem solving, model problem posing, hasil belajar pkn

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Baharuddin,2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruz Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Grasindo.

http:// akhmadsudrajat.wordpress.com. Teori-teori Belajar. Diakses: Tanggal 20 Januari 2016, Pukul 21.00 WIB.

Nana, Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belaja. Surakarta : Pustaka Pelajar.

Riyanto, Theo. 2002. Pembelajaran sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta:

Rusman, 2012. Model- Model Pembelajaran.Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sugiono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Trianto,2011. Mendesain Model-Model Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Chintia 2013. Proposal Penerapan Metode Problem Solving. http://chintiamartianingsih.blogspot.com/2013/05/proposal-penerapan-metode-problem_25.html




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)