PENGARUH REWARD TERHADAP KINERJA DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA LABUHAN BATU
Abstract
Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Reward berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Subjek penelitian adalah dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang, yang diambil dengan cara rumus random sampling menggunakan rumus Slovin, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur setelah dihitung korelasi seluruh variabel penelitian dalam bentuk matriks. Hasil temuan penelitian diperoleh reward berpengaruh langsung positif terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu secara langsung sebesar 19,87 % dan sisanya ditentukan keadaan lain. Kesimpulan dari penelitian ini reward berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Dengan perkataan lain, semakin baik reward semakin tinggi kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Labuhan Batu. Implikasi dari teori ini, kinerja dosen adalah membahas tentang hasil dari prilaku/ kerja dosen yang memberikan kontribusi terhadap mahasiswa secara pribadi dan organisasi dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Ada faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang dalam bekerja. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kelima diperoleh koefisien jalur yang signifikan antara pemberian penghargaan (reward) dengan kinerja dosen, yaitu: Ï62 = 0,193, pengaruh langsung reward dengan kinerja dosen sebesar 0,1932 =0,037. Dengan demikian, reward yang secara langsung menentukan perubahan- perubahan kinerja dosen adalah sebesar 3,7 %.
Kata Kunci: Reward, Kinerja Dosen, Perguruan Tinggi
Full Text:
XMLReferences
Daftar Pustaka
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Deci, E. L., Koestner, R., & Ryan, R. M. (2001). Extrinsic Rewards and Intrinsic Motivation in Education: Reconsidered Once Again. Review of Educational Research, 71(1), 1–27. https://doi.org/10.3102/00346543071001001
Gibson., Ivancevic, D. (1997). Organization, Behavior, Structure, Process. Jakarta: . Bina Rupa Aksara.
Hendijani, R., Bischak, D. P., Arvai, J., & Dugar, S. (2016). Intrinsic motivation, external reward, and their effect on overall motivation and performance. Human Performance. https://doi.org/10.1080/08959285.2016.1157595
Permendikbud-RI-No.87. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia No 87 Th 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)