PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP SWASTA YAYASAN BHAYANGKARI- 3 RANTAUPRAPATâ€

Sundari Sundari

Abstract


Keberhasilan dalam pembelajaran PPKn salah satunya adalah terletak pada penggunaan metode atau model pembelajaran. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang efektif. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang memusatkan siswa untuk bersikap demokratis. Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan sikap demokratis siswa Kelas VIII SMP Swasta Bhayangkari-3 Rantauprapat Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Swasta Bhayangkari- 3Rantauprapat. Waktu penelitian pada bulan Mei, Sumber data adalah data primer dan data sekunder, Subjek penelitian adalah guru PPKn dan siswa kelas VIII .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan terjun ke lapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan sikap demokratis adalah hasil dari keseluruhan angket adalah Berdasarkan hasil pengumpulan angket tersebut, diperoleh nilai rata-rata mencapai 72%. Dalam perentase persetujuan maka nilai rata-rata mencapai kategori Sangat Setuju (SS). Dapat disimpulkan bahwa siswa sudah memiliki sikap demokratis sesuai dengan indikator yang terdapat di dalam pernyataan angket (Kuesioner). Pernyataan dari hasil angket adalah pada pernyataan ke 8 dengan total skor 98% dengan responden 20, maka kelihatan sikap demokratis pada siswa SMP Swasta Bhayangkari 3 Rantauprapat Kelas VIII terlihat setelah dilakunnya penelitian.


References


Amir, M Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning.Jakarta: Kencana Prenada

Aprilliyanti, Eka. 2013. ‘Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di SMK Negeri 1 Banjarmasin’. (Thesis Citizenship Education Program,Department of Social Sciences Faculty of Teacher Education University of Hull Mangkurat) diunduh 21 Februari 2015.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Marx. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Unnes Press.

Direktorat Pembinaan SMP. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama.

Jakarta: Kemendikbud.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Hamnuri. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Insan Madani.

Husnidar, dkk. 2014. ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa’. Dalam Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Johnson. Elaine. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: Nizen Learning Center.

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Filsafat. Yogyakarta Kanisius.

Siburian,dkk. 2010.panduan materi pembelajaran model pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i2.3198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)