PELAKSANAAN MANAJAMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI MTS NUR IBRAHIMY KABUPATEN LABUHANBATU)

Junita Junita, Ayu Hantika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanaan kepala sekolah dalam memanajemen baik sarana prasarana sekolah, tujuan, manfaat, fungsi, prinsip-prinsip manajemen, program sekolah, tenaga pendidik, serta dewan komite dengan masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan wawancara kepada responden yaitu bapak Kepala Sekolah MTs Nur Ibrahimy Labuhanbatu dan wawancara kepada guru, tata usaha, dewan komite, siswa, orang tua siswa, satpam dan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTs Nur Ibrahimy kecematan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif dengan cara deskripsi dan menggunakan teknik pengumpulan data seperti : observasi, wawancara, tape recorder, dan dokumentasi. Waktu penelitian dilakukan di sekolah MTs Nur Ibrahimy kecematan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu pada bulan April 2019. Data primer di peroleh melalui wawancara langsung dengan berbagai informan, dan data sekunder yang di peroleh berdasarkan dari fakta, data bentuk teks, dan data bentuk gambar dan lain-lain. Hasil penelitian ini terbukti dari hasil wawancara tentang pelaksaanaan manajemen berbasis sekolah di MTs Nur Ibrahimy sudah terlaksana dengan baik, namun ada beberapa yang belum terlaksana mengenai fasilitas dan sarana dan prasarana yaitu tempat Mushola dan ruang Laboratorium Komputer. Faktor kendalanya dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di MTs Nur Ibrahimy Kabupaten Labuhanbatu adalah tempat sekolah yang sempit, sehingga untuk membangun Mushola tidak ada lokasi yang mendukung, dan kendala mengenai sarana dan prasarana di sekolah adalah Laboratorium komputer belum ada, sebab karena kurangnya dana untuk mencukupi. Dan peneliti memberikan saran kepada bapak Yayasan sekolah agar lebih  memperhatikan lagi sekolah agar terlaksanakan yang belum terwujud, selain kepala sekolah ada guru yang di pandang sebagai faktor kunci yang berhadapan langsung dengan peserta didik dan faktor lain seperti lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v7i2.3537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)