PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOK SIGOMPULON KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siwa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sigompulon Kabupaten Apdang Lawas Utara tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran PPKN melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, obserbasi dan refleksi. Siklus pertama mebahas materi poko Keberagaman dalam Kerangka Bhinneka Tunggal Ika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 20 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 40% pada tahap pratindakan meningkat menjadi 55% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 85% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dolok Sigompulon.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar
Full Text:
Jurnal Risna Afni HarahapReferences
Munadi, Yudi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Musfiqon, H. M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Rostikawati, Teti. 2015. Strategi Pembelajaran SD. Bogor: Universitas
Sani, Berlin, Imas Kurniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.
Jakarta:kata Pena.
Sani, Berlin, Imas Kurniasih. 2013. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Ahmadi. (2012). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa dan Perbedaan Jenis Kelamin. (skripsi dipublikasikan).Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dewi Sicelia Fani. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII A SMP Negeri 8 Semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan UNS.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v8i1.3552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)