PERAN GURU TERHADAP SISWA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SD NEGERI 118187 PADANG MANINJAU KECAMATAN AEK KUO KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
Abstract
Penelitian ini berlatar belakangrendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN Diketahui
bahwapara siswa memiliki nilai ulangan harianyang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan.
TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswaselamaprosespembelajaranPPKNdenganmenerap
kanpenggunaanmediapowerpoint.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelasyang
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui dua siklus dan setiapsiklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswakelas
VIII-2yangberjumlah28siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodeobservasidan
teshasilbelajar.Hasilpenelitianmenunjukkkanbahwaselamapembelajaranmengalamipeningkatandenganper
sentaseketuntasan64%padasiklusIdan86%padasiklusII.Jenispenelitianyangdigunakan
yaituPenelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan
selama 2kalipertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
tes
danresponsiswa.Datayangterkumpuldianalisisdenganmenggunakanteknikdeskriptifkualitatifdankuantitati
f.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasepelaksanaanpembelajaranpadaaktivitasgurupadasiklusI
memperoleh69%dansiklusIImemperoleh88%.padaaktivitassiswajuga
mengalamipeningkatandari75%disiklusIdan93%disiklusII.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenera
panpembelajarandenganmenggunakanmediapowerpoint
dapatmeningkatkanhasilbelajarPPKNsiswakelasVIIISMPNegeri1MarbauKecamatan
MarbauTahunpelajaran 2021/2022.
bahwapara siswa memiliki nilai ulangan harianyang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan.
TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkanhasilbelajarsiswaselamaprosespembelajaranPPKNdenganmenerap
kanpenggunaanmediapowerpoint.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelasyang
menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dilakukan melalui dua siklus dan setiapsiklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswakelas
VIII-2yangberjumlah28siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodeobservasidan
teshasilbelajar.Hasilpenelitianmenunjukkkanbahwaselamapembelajaranmengalamipeningkatandenganper
sentaseketuntasan64%padasiklusIdan86%padasiklusII.Jenispenelitianyangdigunakan
yaituPenelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan
selama 2kalipertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
tes
danresponsiswa.Datayangterkumpuldianalisisdenganmenggunakanteknikdeskriptifkualitatifdankuantitati
f.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasepelaksanaanpembelajaranpadaaktivitasgurupadasiklusI
memperoleh69%dansiklusIImemperoleh88%.padaaktivitassiswajuga
mengalamipeningkatandari75%disiklusIdan93%disiklusII.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenera
panpembelajarandenganmenggunakanmediapowerpoint
dapatmeningkatkanhasilbelajarPPKNsiswakelasVIIISMPNegeri1MarbauKecamatan
MarbauTahunpelajaran 2021/2022.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v7i2.3562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)