UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PPKn DENGAN MODEL DEBAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMP NEGERI 2 MORO’O 2020/2021

Agusalim Waruwu

Abstract


Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Moro’o setelah melaksanakan pembelajaran dengan model debat dan Mengetahui prestasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Moro’o setelah melaksanakan pembelajaran dengan model debat, yang dianggap dapat dicapai melalui penerapan model pembelajaran debat. Metode dan teknik penelitian menggunakan Penelitian tindakan Kelas dengan subyek penelitian berjumlah 24 orang pada kelas VII SMP Negeri 2 Moro’o. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa hanya 70,33%, rata-rata hasil belajar baru mencapai 7,01%, sehingga siswa yang telah tuntas hanya mencapai 74,82% dan yang belum tuntas mencapai 16,52%. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar meningkat sampai 85,55%, rata-rata hasil belajar meningkat sampai 7,80%, siswa yang tuntas menjadi 89,96% dan siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan hingga 7,88%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.

Kata kunci: Penelitian Tindakan kelas, Motivasi, Prestasi, Metode Debat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, I Gusti Ngurah. 2007. Manajemen Penulisan Skripsi, tesis dan disertasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Ekawarna, 2009. Penelitian tindakan Kelas.Jakarta: Persada Press.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Uno, H. B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Kasoro.

Salim, P dan salim y. 2002. Kamus Bahasa indonesia kontemporer. Jakarta: Modern Englis Press.

Peraturan Mendiknas No.22, No.23 Dan No.24 TH. 2006. Standart Isi dan Standart Kompetensi Lulusan Tingkat sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: PT. Binatama Raya.

Wiriaatmadja, R. 2008. Metode Penelitian tindakan Kelas, Untuk meningkatkan Kriteria Kinerja guru dan dosen. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v8i2.3596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)