PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAS UMRATUL HIDAYAH
Abstract
Abstrak
Kurikulum merdeka ialah sebuah wadah yang akan menentukan tujuan pendidikan. SMAS Umratul Hidayah adalah salah satu sekolah yang melaksanakan kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum merdeka diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan serta motivasi belajar siswa. Dalam kurikulum ini guru berperan sebagai fasilisator dan memberikan motivasi untuk para siswa sehingga peserta didik dapat bersemangat lagi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian di lapangan yaitu wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di SMAS Umratul Hidayah pada peserta didik memberikan respon yang positif. Meskipun masih dalam tahap percobaan tapi para guru dan siswa bisa sedikit demi sedikit menerapkannya walaupun dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada.
Kata Kunci: implementasi, kurikulum merdeka, pendidikan
Full Text:
PDFReferences
A. G. J. Nasution, (2020). Konsep Merdeka Belajar Dalam Teori Pembelajaran Humanistik. Jurnal Pendidikan. 1(6).
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Haris Hardiansyah, Wawancara, Observasi, dsn Focus Grup (Jakarta: Rajawali Pers, 2015), hlm. 27.
KEMENDIKBUD (2020) Buku Panduan Merdeka Belajar. Kampus Merdeka. Edisi ke-3. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, hlm. 145.
UU Republik Indonesia Tentang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, (Bandung: Fermana,2006), hlm. 83.
Wakabid Kurikulum, Wawancara, SMAS Umratul Hidayah, Tanggal 26 Oktober 2022.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v9i1.4190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)