ANALISIS KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BILAH HILIR

Anzeli Ade Rizka

Abstract


Abstrak - Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui analisis karakter Peduli Sosial pada pembelajaran PPKn pada materi “Arti penting norma dan kebiasaan antar daerah di Indonesia†siswa kelas VIII SMP  Negeri 1 Bilah Hilir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (Field Research), lokasi penelitian ini di SMP Negeri 1 Bilah Hilir beralamat di Jl. Besar Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, dengan kode pos 21471. Dilaksanakan bulan februari 2022. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain yaitu, observasi awal, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini Sumber data yang digunakan  yaitu sumber data utama (primer) terdiri dari responden 242 dengan menggunakan rumus slovin n =  diperoleh responden sebanyak 71 dan narasumber sebanyak 4 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PPKn dan guru BK. Analisis data dalam penelitian kualitatif, yaitu: data  reduction, data display, dan conclusion drawing/verification Berdasarkan hasil analisi angket di peroleh (1) Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain (87,2%) Sangat Kuat (2)Sikap empati kepada sesama (87,2%) Sangat Kuat (3)Sikap tolong menolong kepada sesama (88% Sangat Kuat (4)Tidak pelit berbagi  ilmu di sekolah (85,2%) Sangat Kuat (5)Menyapa guru dan teman sekolah dimanapun (85,2%) Sangat Kuat.

Kata Kunci: Analisis, Karakter Peduli Sosial, Siswa


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afifah, I. R. H., Prasetiyo, N., & Ramadhan, R. A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Kepedulian Sosial Pada Anak Usia Dini dalam Permainan Tradisional Kucing Tikus di TK IT Mutiara Hati. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 124–128.

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman karakter peduli sosial pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Bimbingan, P., & Keguruan, F. (2022). ISSN 2599-1221 (Cetak) ISSN 2620-5343 (Online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia. 5(1), 18–26.

Chairiyah. (n.d.). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Literasi, 4(1), 42–51.

Drs. Dharma Kesuma, M. P. (2018). pendidikan karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Drs. Riduwan, M. B. . (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. ALFABETA.

Elwijaya, F. (2021). Sistem , Nilai , dan Norma dalam Pendidikan Dasar : Sebuah Kajian Literatur. 5, 1840–1845.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Fitri, R. N. (2016). Pengaruh Pembentukan Karakter dengan Kecerdasan Spiritual di SMA Negeri 22 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 109–118. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/729%0Ahttp://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/729

Himmah, F. (2019). Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Kudus Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Ijtimaiya : Journal of Social Science Teaching, 3(1).

Ilmu, J., Jisip, P., & Juli, V. N. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. 5(3), 662–672. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255

Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. September, 29–33.

Kurniawan, D. A., & Saputri, J. (2021). Karakter Peduli Sosial : Komparasi Modul Elektronik dan Paper Modul Kearifan Lokal Ngubat Padi di Sekolah Dasar. 4, 866–877.

Kurniawati, Y. (2018). Metode Penelitian Pendidikan.

Lestari, S., & Rohani. (2017). Penanaman Karakter Peduli Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tangaran Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 172–180.

Masduqi. Moh. (2020). MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRA-KURIKULER. Jurnal Studi Islam, 16, 94–117.

Melati, P., Anggraini, N., Heru, H., Suryanti, S., & Widyaningrum, R. (2021). Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V Di Sdn Sambirejo Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 1–8. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin

N. Muharroni, A. D. A. S. et al. (2021). TINGKAT KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. 1–4.

Nilai, A., Karakter, P., Sosial, P., & Buku, D. (2020). DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. September, 159–165.

Paul Suparno, S. (2015). pendidikan karakter sekolah. PT Kanisius.

Pendidikan, S., & Pengetahuan, I. (2017). PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII G SMP Negeri 3 Lembang ). 1–15.

Permendikbud No. 20 tahun 2018 pasal 2.

Rahmayani, S., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 475–480. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Subjek, J. B. (n.d.). Implementation of social care character education in the pluralist community of pluralism in cigugur kuningan. 179–192.

Sugiyono. (n.d.). metode penelitian kuantitatif kualitatif. ALFABETA, cv.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. 9(2), 58–64.

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 pasal 8.

Wibowo, E. W. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, PEDULI SOSIAL, DAN PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP KEDISIPLINAN (Studi Kasus Mahasiswa Administrasi Perkantoran Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.379




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v9i1.4194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)