Analisis Ketertarikan Mahasiswa Prodi Ppkn Dan Prodi Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Mengikuti Kegiatan Kampus Mengajar Universitas Labuhanbatu

Rini Sari Harahap

Abstract


Abstrak - Penelitian bertujuan untuk mengetahui Ketertarikan Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Universitas Labuhanbatu  Mengikuti Kegiatan Kampus Mengajar (Studi Kasus Program Kampus Mengajar Tahun 2021-2022 ). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2023 sampai Februari 2023 beralamat Kampus Universitas Labuhanbatu beralamat di Jl. SM. Raja No. 126 A, Aek Tapa – Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu – Sumatera Utara. Sedangkan proses pengambilan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah PIC KM 3 dan KM 4 informan kunci dan mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Universitas Labuhanbatu, sebagai responden Berjumlah 65 responden, Analisis data dalam penelitian ini dengan data reduksi, data display dan conclusion drawing / verification,maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu di peroleh (1) dalam kegiatan mengajar ( 97,7% ) sangat kuat, (2) dalam softskill (94,9) sangat kuat, (3) beradaptasi  teknologi ( 89,2 ) sangat kuat, (4) literasi (91,8 ) sangat kuat, (5) sikap kepemimpinan ( 93,8 ) sangat kuat, numerasi ( 94,3 ) sangat kuat.

Kata Kunci: Kampus Mengajar, Mahasiswa, Universitas Labuhanbatu


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amaliah, F. R., & Irianti, R. I. (2022). Pengenalan Pembelajaran Daring Berbasis Internet Dan Learning Manajemen System Program Kampus Mengajar Di SDN Sumberejo 06 Jember. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah …, 114–122. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/jiwakerta/article/view/9135

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Artikel, I. (2019). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DALAM UPAYA ISLAM. 3(1), 17–24.

Badan, W., Sumber, P., Manusia, D., Riau, P., Baru, P., & Riau, P. (2002). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 14.

Di, M., & Negeri, S. D. (2023). PERAN MAHASISWA DALAM PENINGKATAN KAPASITAS NUMERASI DAN LITERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS. 3(1), 71–76.

Ekawati, R., & Sumatera, U. M. (n.d.). PENTINGNYA LITERASI NUMBERASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BERSAMA RADIO RRI THE IMPORTANCE OF NUMBERATION LITERACY IN DAILY LIFE. 2(2), 46–52.

Fairuzzia, F., Haryono, L. A., Reonaldo, F. G., & Tiatri, S. (2022). Mbkm Mengajar Di Smp X Dki Jakarta : Manfaat Bagi Mahasiswa. Seri Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanegara Tahun 2022 (SERINA IV UNTAR 2022), 415–422.

Fani, M., & Tranggono, D. (2023). Eksistensi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Karang Abstrak. 4(1), 115–124.

Hikmah, S. Al, & Hikmah, S. Al. (2016). Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. 4, 125–132.

Hikmawati, H., Sari, K. I. W., Malkan, M., Andani, T. G., & Habibah, F. N. (2021). Pengembangan Literasi Digital Guru dan Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMPN 19 Mataram. Unram Journal of Community Service, 2(3), 83–88. https://doi.org/10.29303/ujcs.v2i3.71

Hkbp, U., & Simalungun, U. (2022). PENGEMBANGAN.

Info, A., & Mengajar, K. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. 3(2).

Jeni, J. P. N. S., Zenti, C., Elyusra, E., & Mahdijaya, M. (2022). Meningkatkan Minat Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 722–727. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i5.251

Journal, D., Education, O., Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA : 8(1), 185–201.

Kemuliaan, J. A., & Siregar, M. P. (2022). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Pemuda melalui Penguatan Soft Skill oleh Gembala Sidang di Gereja. 3(1), 36–51.

Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta Sri Lestari 1  , Khusnul Fatonah 2 , Abd. Halim 3. 5(6), 6426–6438.

Lia, S. (2022). No Title×”×›×™ קשה לר×ות ×ת מה שב×מת ×œ× ×’×“ ×”×¢×™× ×™×. ×”×רץ, 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Literasi, B., Anak, P., Negeri, S. D., & Kota, D. I. (2019). Penyuluhan gemar membaca untuk meningkatkan budaya literasi pada anak sd negeri 31 di kota prabumulih. 131–138.

Literasi, P., Numerasi, D. A. N., Didik, P., Spf, U., Melalui, C., & Kampus, P. (2022). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. 303–309.

Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas. Journal Of Biology Education, 2(2), 162. https://doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6352

Merdeka, M. B. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme Nora Susilawati Universitas Negeri Padang Email : norasusilawati1973@gmail.com. 2(3), 203–219.

Motivasi, M., & Mahasiswa, B. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. 1(5).

Nurhasanah, A., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepasaa Masyarakat, 3(1), 166–173.

Panjawiyati, T., Anggarini, A. G., & Cempakasari, K. E. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 dalam Peningkatan Literasi di SDN Rejomulyo. 1, 301–315.

Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5422–5431. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3278

Partimbalan, N. (2022). Sintia Damanik, Ernawati Tampubolon, Rince, Asima Rohana Sinaga, Fatmawati Sihotang: Artikel Strategi Mengajar,..... 9(1), 52–55. https://journal.ubb.ac.id/index.php/lppm/article/view/3492

Prasandha, D., Artikel, I., & History, A. (2022). Jurnal Sastra Indonesia. 11(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441

Prasetiyo, W. H., Patmisari, P., & Prasetyo, E. (2021). “Kami menjadi Foot Soldiers dan Membangkitkan Partisipasi Pendidikanâ€: Dampak Program Kampus Mengajar bagi Mahasiswa PPKn UMS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12864%0Ahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/12864/Artikel_1_PPKn %281%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Sahadi, Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi. Jurnal Moderat, 6(3), 519.

Shah, A. H., & Amelia, Z. (2022). Peran Dosen Pembimbing Lapangan G alam Meningkatkan Efektifitas Program Kampus Mengajar. 7(2), 73–82.

Tinggi, S., & Kesehatan, I. (2020). BERORGANISASI DENGAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA SEMESTER IV STIKES TANA TORAJA Valentina Saalino1 , Catherina Bannepadang2 , Feniah Bala Lembang3 * Correspondent Author : Berbicara merupakan kebutuhan semua orang , di depan umum dan melakukan pre.

Triana Oktavia Putri, Erna Puspita, L. (2022). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dalam Kegiatan Mengajar, Adaptasi Teknologi Dan Administrasi Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Mlandangan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 11(ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 DALAM KEGIATAN MENGAJAR, ADAPTASI TEKNOLOGI DAN ADMINISTRASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MLANDANGAN), 119–131.

Umum, D., Di, S., & Negeri, S. M. A. (2020). No Title.

Waldi, A., Putri, N. M., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. 5(3), 284–292.

Wibawanto. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konselin




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v9i1.4195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)