PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS X SMK SWASTA MANDIRI LABUHAN BATU

Edi Susanto, Rohana Rohana, Toto Mulya

Abstract


ABSTRACT
Tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK Swasta Mandiri mulai menerapkan kurikulum
merdeka dengan pilihan mandiri berubah di kelas X. Dengan demikian guru-guru
yang ada di SMK ini mulai menyusun modul ajar sebagai perangkat pembelajaran.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Swasta
Mandiri Labuhan Batu Sumatera Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/
2023, pada bulan November 2022 Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Setelah
melaksanakan penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II, penulis dapat
mengamati adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran
Pendidikan Pancasila di kelas X SMK Swasta Mandiri Labuhan Batu Sumatera
Utara yaitu Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video
pembelajaran oleh guru telah sesuai dengan langkah-langkah dan membuat
pembelajaran lebih berorientasi pada peserta didik. Guru dapat meningkatkan
aktivitas pembelajaran pada siklus II dengan memperbaiki kelemahan pada siklus I.
Peserta didik menunjukkan aktivitas yang baik pada pelaksanaan siklus II dengan
bantuan video pembelajaran. Terdapat peningkatan nilai rata-rata ulangan harin
peserta didik dari 77 di siklus I menjadi 85 di siklus II. Penerapan model PBL
berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Swasta Mandiri Labuhan Batu Sumatera
Utara.
Keyword: Problem Based Learning, Video Pembelajaran, Hasil Belajar,
Pendidikan Pancasila
—————————— ◆ ——————————


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Cheppy Riyana.2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung:Program P3AI

Universitas Pendidikan Indonesia.

Daryanto, 2007. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja

Rosdikarya.

Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Rahayu T.I., Sholichatun Y., 2007. Psikologi Klinis. Edisi Pertama. Cetakan Pertama.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi

Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana. Penelitian Kelas. Kencana: Jakarta

Sumantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya Uno

Hamzah B.2011. Perencanaan pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara

Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i1.5560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)