EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN

Alimudin Gulo, Ryan Prayogi, Dodo Novianda

Abstract


ABSTRAK
Tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK Swasta Mandiri mulai menerapkan kurikulum
merdeka dengan pilihan mandiri berubah di kelas X. Dengan demikian guru-guru
yang ada di SMK ini mulai menyusun modul ajar sebagai perangkat pembelajaran.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Swasta
Mandiri Labuhan Batu Sumatera Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/
2023, pada bulan November 2022 Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Hasil pada
penelitian ini Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas mengenai
penerapan Metode Tanya Jawab pada siswa kelas VIII SMPN 1 Mandrehe dalam
mata pelajaran PPKn yang berlangsung selama 3 siklus penelitian dapat disimpulkan
1)Selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasi
media pembelajaran telah dikelola dengan baik. 2) Kegiatan pembelajaran dengan
metode Tanya Jawab dengan variasi media yang dikelola dengan baik ternyata
cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 3) Media pembelajaran
membuat karangan dan menggambar yang divariasikan dengan Metode Tanya
Jawab ternyata cukup efektif untuk menyampaikan materi Pancasila sebagai Dasar
Negara dan sebagai Ideologi Negara; 4) Hipotesis tindakan yang menyatakan
“apabila upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasi media pembelajaran
dapat berjalan efekltif, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima.
Keyword: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
—————————— ◆ ——————————


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000) Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan

Menyenangkan. Kaifa. Bandung

Danial, Endang AR., Dr. H. M.Pd. (2003) Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat PLP,

Dirjendikdasmen, Depdiknas. Jakarta

Depdiknas. (2003) Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat

Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta

Hasibuan dan Moedjino. 1996. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Hidayat, Kosadi, dkk.. 1987. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press

Silberman, Melvin L (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran. Yappendis.

Yogyakarta

Sudirman, dkk. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV.

Sudjana. 1992. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Wiriaatmadja, Rochiati, Prof.Dr. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PPS UPI dan Remaja

Rosdakarya; Bandung




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i1.5562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)