EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN
Abstract
ABSTRAK
Tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK Swasta Mandiri mulai menerapkan kurikulum
merdeka dengan pilihan mandiri berubah di kelas X. Dengan demikian guru-guru
yang ada di SMK ini mulai menyusun modul ajar sebagai perangkat pembelajaran.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Swasta
Mandiri Labuhan Batu Sumatera Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/
2023, pada bulan November 2022 Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Hasil pada
penelitian ini Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas mengenai
penerapan Metode Tanya Jawab pada siswa kelas VIII SMPN 1 Mandrehe dalam
mata pelajaran PPKn yang berlangsung selama 3 siklus penelitian dapat disimpulkan
1)Selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasi
media pembelajaran telah dikelola dengan baik. 2) Kegiatan pembelajaran dengan
metode Tanya Jawab dengan variasi media yang dikelola dengan baik ternyata
cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 3) Media pembelajaran
membuat karangan dan menggambar yang divariasikan dengan Metode Tanya
Jawab ternyata cukup efektif untuk menyampaikan materi Pancasila sebagai Dasar
Negara dan sebagai Ideologi Negara; 4) Hipotesis tindakan yang menyatakan
“apabila upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasi media pembelajaran
dapat berjalan efekltif, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima.
Keyword: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
—————————— ◆ ——————————
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000) Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan
Menyenangkan. Kaifa. Bandung
Danial, Endang AR., Dr. H. M.Pd. (2003) Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat PLP,
Dirjendikdasmen, Depdiknas. Jakarta
Depdiknas. (2003) Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Direktorat
Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktoral Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta
Hasibuan dan Moedjino. 1996. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.
Hidayat, Kosadi, dkk.. 1987. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.
Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press
Silberman, Melvin L (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran. Yappendis.
Yogyakarta
Sudirman, dkk. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV.
Sudjana. 1992. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.
Suriasumantri, Jujun S. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar
Harapan.
Wiriaatmadja, Rochiati, Prof.Dr. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PPS UPI dan Remaja
Rosdakarya; Bandung
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i1.5562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)