Analisis Sanksi yang Diterapkan Pihak Sekolah Terhadap Siswa yang Bermain Handphone Saat Proses Pembelajaran Ppkn di Sekolah SMA Negeri 1 Merbau Labuhanbatu Utara
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1). Agar dapat mengetahui penyebab siswa bermain handphone saat proses pembelajaran Ppkn berlangsung di SMA Negeri 1 Merbau, (2). Agar dapat mengetahui sanksi yang diberikan oleh pihak sekolah terhadap siswa yang bermain handphone pada saat jam pelajaran Ppkn di sekolah SMA Negeri 1 Merbau. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah wakil kesiswaan, guru pkn, dan siswa SMA Negeri 1 Merbau sebanyak 66 responden. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menemukan beberapa penyebab siswa bermain handphone di sekolah SMA Negeri 1 Merbau yaitu: Pertama, siswa merasa bosan belajar mata pelajaran Ppkn. Kedua, siswa kurang minat belajar terhadap mata pelajaran Ppkn. Ketiga, siswa membuka sosial media pada saat jam pelajaran Ppkn. Dalam mengatasi masalah tersebut, pihak sekolah mempunyai sanksi bagi siswa yang bermain handphone saat pembelajaran pkn sedang berlangsung yaitu mendapatkan sanksi berjenjang yaitu: Pertama, mendapat pembinaan dari guru mata pelajaran. Kedua, mendapat pembinaan dari wali kelas. Ketiga, mendapat pembinaan dari guru bimbingan konseling, Keempat, mendapat sanksi dari wakil kesiswaan
Keyword: Sanksi Sekolah, Siswa, Proses Pembelajaran
Full Text:
UntitledReferences
Daftar Pustaka
Kristiwati, Indri, dkk. 2019. “Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMAN 3 Kota Bima.” Jurnal Pendidikan Sosiologi 2(2): 43–52.
Kurniawan, M.W. & Wuryandani, W. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran BerbasisMasalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar PPKn.” Jurnal Civics 14(1): 10–22.
Kurniawan, L.M. 2021. Pemberian Sanksi Disiplin Terhadap Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Dalam Perspektif Undang - Undang Perlindungan Anak. Mataram: Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Laka, B.M. 2018. “Dampak Penggunaan Hadphone Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Di SMA Yayasan Sub Byaki Fyadi Kabupaten Biak Numfor.” Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan 6(2): 59–78.
Lestari, Rahmy & Sulian, Ilawaty. 2020. “Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kecanduan Handphone Studi Deskriptif Pada Siswa Di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.” Jurnal Consilia 3(1): 23–37.
Minarni, Sri & Nur, Z. 2018. “Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Klepto.” Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan 1(1): 17–21.
Mulyono, Dafi, dkk. “Fungsi Sosialisasi Represif Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Di SMA Islam Bawari Pontianak.” : 1–16.
Noviani, Erna. 2015. “Peran Wali Kelas Dalam Menghadapi Pengaruh Negatif Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta.” [skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Permana, S.A. 2020. “Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Bimbingan dan Konseling 1(2): 61–69.
Petriani, E & Ananda, A. 2018. “Peran Dan Fungsi Wali Kelas Dalam Pembinaan Perilaku Siswa Di SMP Negeri 33 Padang.” Journal of Civic Education 1(3): 289–96. Prasetyo, Hendi, dkk. 2021. “Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perubahan Sikap
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i2.6416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)