Pengaruh Keterampilan Guru PPKn Menggunakan VideoPembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada MateriHakikat Demokrasi Siswa Kelas XIMadrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir Kabupaten Padang Lawas Utara
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Bagaimana Pengaruh keterampilan guru PPKn menggunakan Video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi hakikat demokrasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t juga juga diperoleh thitung>ttabel = 17,998 >1,6698 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh positif dan signifikan keterampilan guru PKn menggunakan Video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pada materi hakikat demokrasi siswa kelas XI Madrasah Aliyah Kejuruan An-Nasir.
Keyword: Keterampilan Guru, Video Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa
Full Text:
UntitledReferences
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Kuantitatif Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ary, D. Jacobs, & L.C.Razavieh. A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Penerjemah Furchan, A, 2012). Surabaya: Usaha Nasional
Burhan, Wirman. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila Dan Undang- Undang Dasar 1945. Jakarta: Rajawali Pers
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.38075
Guming, Libertus. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar PPKn SMP Swasta Teladan Medan. Tesis. Pascasrujana Unimed
Hartini, A., & Tresnaningsih, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 70–80. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.706
Helmiati. 2013. MICRO TEACHING Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo
Kartika, Y., Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Pengaruh Praktik Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Peserta Didik. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4505
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(01), 36–39.
Lefudin, M. P. (2014). Belajar & pembelajaran: dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Mudjiono, D. &. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Muin, A. (2017). Keterampilan berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran seni budaya di sekolah dasar. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2)
Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Remaja Rosda.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf
Soepeno, B. (2019). Paradigma, Rancangan Dan Proposal Ragam Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu-Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Digital Repository
Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
SS, Y. S. D., & SE, M. M. (2013). Manajemen pembelajaran dalam Upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13). Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhadi. (2013). Petunjuk Perangkat Pembelajaran dalam Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Promosi, 3(1), 73–82.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran Pkn Di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.
Wahyulestari, Mas Roro Diah. 2018. Ketrampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Muhammadiyah
Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pai Di Sd Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 2019.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i2.6418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)