Implementasi Deep Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran PPKn Menurut Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Abstract
Tujuan penulisan ini untuk membahas pembelajaran PPKn menurut visi Ki Hajar Dewantara berkaitan dengan implementasi Deep Learning. Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh Pendidikan nasional yang menekankan akan pentingnya Pendidikan pada karakter dan nilai-nilai budaya local. Pembelajaran PPKn menunjukkan bahwa kearifan local dapat meningkatkan skor dan karakter jati diri bangsa, oleh sebab itu, “Deep Learning” yang mengintegrasikan teknologi didalamnya juga dapat meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Library Research (studi keputakaan) dan mengunjungi website yang menyajikan informasi berkaitan dengan Deep Learning. Mengaitkan dengan visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan kurikulum pembelajaran Deep Learning dalam PPKn dapat menjadi Solusi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chen, Y. (2024). Promoting the reform of civic and political education to improve
the quality of talent cultivation based on the background of deep learning. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns-2024-0197
Fatimah, M. (2019). Literasi Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Wawasan
Kebangsaan Dalam Pembelajaran PPKN Era Revolusi Industri 4.0: Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung.
Ficky Uwais Alqarny, & Mujiburrohman. (2023). Desain Kurikulum Terpadu
dengan Pendekatan ADLX (Active Deep Learner eXperience). Didaktika:
Jurnal Kependidikan, 12(4), 719-730. https://doi.org/10.58230/27454312.290
Gawise, G., Tolla, I., & Manda, D. (2022). The validity and practicality of pancasila
and civic education learning model based on local wisdom. Universal Journal
of Educational Research, 10(1), 79-88. https://doi.org/10.13189/ujer.2022.100108
Japar, M., Irawaty, I., Syarifa, S., & Fadhillah, D. N. (2020). Pelatihan pembuatan
media pembelajaran berbasis ict untuk meningkatkan kompetensi guru ppkn smp. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 264-269. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10534
Kabatiah, M., Batubara, A., Ramadhan, T., & Rachman, F. (2024). Pedagogical Competence of Civic Education Teacher in 21st Century: A Systematic Literature Review. Jurnal Kewarganegaraan.
Komalasari, K., Rahmat, R., & Anggraini, D.N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn.
Kou, Y. and Zhao, M. (2023). Reform and innovation of civic education combined
with deep and intensive learning. Applied Mathematics and NonlinearSciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns.2023.2.00472
Lestary, D.A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Nilai Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Penguatan Karakter Gotong Royong Siswa
SMP: Eksperimen Kuasi Di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung.
Mukhlis, S., & Andani, P. D. (2023). Penggunaan Inovasi Teknologi Dalam
Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar, 1(02), 8-12. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i02.2475
Nugroho, W. B. (2018). Implementasi trilogi ki hadjar dewantara di sd taman muda
jetis yogyakarta. Edukasi Journal, 10(1), 41-54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.2031
Perangin-angin, R. B. B. (2017). Pengembangan pembelajaran ppkn berbasis
kearifan lokal dalam meningkatkan kompetensi civic skill mahasiswa jurusan
ppkn unimed. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 151.
https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8243
Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan
Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Konstruksi Sosial :
Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(4), 105–110.
https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i12.275
Pradana, Y. and Sundawa, D. (2022). Optimizing vocational civic education for the
development of student character. Journal of Social Science (JoSS), 1(4), 153-
https://doi.org/10.57185/joss.v1i4.40
Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K. Z., & Frasandy, R. N. (2023).
Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pendidikan pancasila dan
kewarganegaraan (ppkn) dalam kurikulum merdeka sekolah dasar. Sekolah
Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 1.
https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p1-14
Raup, A. ., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. . (2022). Deep
Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
Samho, B. (2015). Emong Among Pamong Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Tantangan dan Relevansi (Dwiko (ed.); 3 ed.). Kanisius.
Santoso, R. and Wuryandani, W. (2020). Pengembangan bahan ajar ppkn berbasis
kearifan lokal guna meningkatkan ketahanan budaya melalui pemahaman
konsep keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229.
https://doi.org/10.22146/jkn.56926
Sapriya, & Wahab, A. A. (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
(Riduwan & A. Rohmiyati (ed.)). Alfabeta.
Sidaryanti, N. N. A. and Budiarta, I. W. (2023). The urgency of civic education
teachers in realizing civic education as democratic education. Proceedings of
the 5th International Conference on Law, Social Sciences and Education,
ICLSSE 2023, 1st June 2023, Singaraja, B. https://doi.org/10.4108/eai.1-6-
2341372
Sumardjoko, B. (2018). Model of civic education learning based on the local
wisdom for revitalizing values of pancasila. Jurnal Cakrawala Pendidikan,
(2). https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik
Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal
Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i1.6829
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia

This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)