Implementasi Deep Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran PPKn Menurut Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Intan Indah Megasari

Abstract


Tujuan penulisan ini untuk membahas pembelajaran PPKn menurut visi Ki Hajar Dewantara berkaitan dengan implementasi Deep Learning. Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh Pendidikan nasional yang menekankan akan pentingnya Pendidikan pada karakter dan nilai-nilai budaya local. Pembelajaran PPKn menunjukkan bahwa kearifan local dapat meningkatkan skor dan karakter jati diri bangsa, oleh sebab itu, “Deep Learning” yang mengintegrasikan teknologi didalamnya juga dapat meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Library Research (studi keputakaan) dan mengunjungi website yang menyajikan informasi berkaitan dengan Deep Learning. Mengaitkan dengan visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan kurikulum pembelajaran Deep Learning dalam PPKn dapat menjadi Solusi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. 


References


Chen, Y. (2024). Promoting the reform of civic and political education to improve

the quality of talent cultivation based on the background of deep learning. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns-2024-0197

Fatimah, M. (2019). Literasi Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Wawasan

Kebangsaan Dalam Pembelajaran PPKN Era Revolusi Industri 4.0: Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung.

Ficky Uwais Alqarny, & Mujiburrohman. (2023). Desain Kurikulum Terpadu

dengan Pendekatan ADLX (Active Deep Learner eXperience). Didaktika:

Jurnal Kependidikan, 12(4), 719-730. https://doi.org/10.58230/27454312.290

Gawise, G., Tolla, I., & Manda, D. (2022). The validity and practicality of pancasila

and civic education learning model based on local wisdom. Universal Journal

of Educational Research, 10(1), 79-88. https://doi.org/10.13189/ujer.2022.100108

Japar, M., Irawaty, I., Syarifa, S., & Fadhillah, D. N. (2020). Pelatihan pembuatan

media pembelajaran berbasis ict untuk meningkatkan kompetensi guru ppkn smp. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 264-269. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10534

Kabatiah, M., Batubara, A., Ramadhan, T., & Rachman, F. (2024). Pedagogical Competence of Civic Education Teacher in 21st Century: A Systematic Literature Review. Jurnal Kewarganegaraan.

Komalasari, K., Rahmat, R., & Anggraini, D.N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn.

Kou, Y. and Zhao, M. (2023). Reform and innovation of civic education combined

with deep and intensive learning. Applied Mathematics and NonlinearSciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns.2023.2.00472

Lestary, D.A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Nilai Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Penguatan Karakter Gotong Royong Siswa

SMP: Eksperimen Kuasi Di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung.

Mukhlis, S., & Andani, P. D. (2023). Penggunaan Inovasi Teknologi Dalam

Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar, 1(02), 8-12. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i02.2475

Nugroho, W. B. (2018). Implementasi trilogi ki hadjar dewantara di sd taman muda

jetis yogyakarta. Edukasi Journal, 10(1), 41-54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.2031

Perangin-angin, R. B. B. (2017). Pengembangan pembelajaran ppkn berbasis

kearifan lokal dalam meningkatkan kompetensi civic skill mahasiswa jurusan

ppkn unimed. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 151.

https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i2.8243

Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Konstruksi Sosial :

Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(4), 105–110.

https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i12.275

Pradana, Y. and Sundawa, D. (2022). Optimizing vocational civic education for the

development of student character. Journal of Social Science (JoSS), 1(4), 153-

https://doi.org/10.57185/joss.v1i4.40

Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K. Z., & Frasandy, R. N. (2023).

Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pendidikan pancasila dan

kewarganegaraan (ppkn) dalam kurikulum merdeka sekolah dasar. Sekolah

Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 1.

https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p1-14

Raup, A. ., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. . (2022). Deep

Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah IlmuPendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Samho, B. (2015). Emong Among Pamong Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Tantangan dan Relevansi (Dwiko (ed.); 3 ed.). Kanisius.

Santoso, R. and Wuryandani, W. (2020). Pengembangan bahan ajar ppkn berbasis

kearifan lokal guna meningkatkan ketahanan budaya melalui pemahaman

konsep keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229.

https://doi.org/10.22146/jkn.56926

Sapriya, & Wahab, A. A. (2011). Teori & Landasan Pendidikan Kewarganegaraan

(Riduwan & A. Rohmiyati (ed.)). Alfabeta.

Sidaryanti, N. N. A. and Budiarta, I. W. (2023). The urgency of civic education

teachers in realizing civic education as democratic education. Proceedings of

the 5th International Conference on Law, Social Sciences and Education,

ICLSSE 2023, 1st June 2023, Singaraja, B. https://doi.org/10.4108/eai.1-6-

2341372

Sumardjoko, B. (2018). Model of civic education learning based on the local

wisdom for revitalizing values of pancasila. Jurnal Cakrawala Pendidikan,

(2). https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik

Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal

Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i1.6829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)