Membangun Pemikiran Ilmiah yang Kritis melalui Logika

Agustina Nasution, Rahmat Syahputra Tanjung, Edy Syahputra Ritonga, Mr. Khoyan

Abstract


Mengembangkan pola pikir ilmiah yang kritis di dalam lingkungan Universitas sangat vital untuk menciptakan pengetahuan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu faktor utama dalam mengembangkan pemikiran ilmiah yang kritis adalah penggunaan logika sebagai sarana untuk menyusun argumentasi yang sistematis dan rasional. Logika memfasilitasi mahasiswa dalam menilai  informasi secara lebih objektif menghindari kesalahan pemikiran, serta menyusun kesimpulan yang sah dan bukti yang dapat diandalkan. Di Universitas pembelajaran mengenai logika tidak hanya fokus pada teori, tetapi juga pada penggunaannya dalam penelitian, analisis data, dan pemecahan masalah sains. Penggunaan prinsip-prinsip logika  seperti deduksi, induksi dan pengenalan kesalahan logis memungkinkan mahasiswa untuk berfikit lebih dalam dan kritis saat menghadapi tantangan ilmiah. Artikel ini menjelaskan signifikansi logika dalam pembentukan pemikiran ilmiah yang kritis di Perguruan Tinggi, serta berbagai pendekatan yang bisa digunakan untuk melatih mahasiswa dalam berpikir logis dan kritis di lingkungan akademis. Pemikiran ilmiah yang analitis, berlandaskan logika yang koko, dapat meningkatkan kualitas penelitian dan sumbangan ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa.


References


Antonova, S., Pletyago, T., & Ostapenko, A. (2020). Fostering Critical Thinking Skills in European and Asian Higher Education Institutions. MIER Journal of Educational Studies Trends and Practices, 10(2), 138–150. https://doi.org/10.52634/mier/2020/v10/i2/1335

Chukwuere, J. E. (2024). Critical Research Thinking: A Recipe for Academic Writing Success and Publications. Qeios, 4(1), 144–167. https://doi.org/10.32388/KNWPUJ

González-Palta, I., & Larrain, A. (2024). Argumentation and Knowledge Construction in Higher Education: A Vygotskian Perspective. Praxis & Saber, 15(41), Article 41. https://doi.org/10.19053/uptc.22160159.v15.n41.2024.16647

Ivlev, V. Y., Pozdnyakov, M. V., Inozemtsev, V. A., & Chernyak, A. Z. (2021). Critical Thinking in the Structure of Educational Programs in Russian Universities. 121–128. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210527.008

Liber, P., Loris, L., Joni, J., & Lawalata, M. (2024). Pentingnya Pemahaman Logika dalam Berpikir kiritis. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 268–277. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i2.973

Mohammed, M. H., & Jamal, J. I. (2021). Critical Thinking Based on Logic. Journal of University of Raparin, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.26750/Vol(8).No(3).Paper9

Paul, R. (2019). The Thinker’s Guide to Scientific Thinking. Rowman & Littlefield Publishers. https://doi.org/10.5771/9781538133842

Peralta, N. S., Castellaro, M., Tuzinkievicz, M. A., & Curcio, J. M. C. (2023). Argumentation in young university students: A review of socioconstructivist research. Revista Latinoamericana de Ciencias Sociales, Niñez y Juventud, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.11600/rlcsnj.21.2.5783

Rapanta, C., & Macagno, F. (2019). Evaluation and Promotion of Argumentative Reasoning Among University Students: The Case of Academic Writing. Revista Lusófona de Educação, 45(45), Article 45. https://revistas.ulusofona.pt/index.php/rleducacao/article/view/6996

Rowe, M. P., Gillespie, B. M., Harris, K. R., Koether, S. D., Shannon, L.-J. Y., & Rose, L. A. (2015). Redesigning a General Education Science Course to Promote Critical Thinking. CBE—Life Sciences Education, 14(3), ar30. https://doi.org/10.1187/cbe.15-02-0032

Vartiak, L., Jaseckova, G., Comenius University, Faculty of Social and Economic Sciences, Institute of Mediamatics, Bratislava, Slovakia, Konvit, M., & Comenius University, Faculty of Social and Economic Sciences, Institute of Mediamatics, Bratislava, Slovakia. (2023). Logic as a Tool for Developing Critical Thinking. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 15(2). https://doi.org/10.21659/rupkatha.v15n2.15

Villarruel-Diaz, J., & Portocarrero-Gutiérrez, C. A. (2021). Methodological strategies and critical thinking in higher education. Journal of Business and Entrepreneurial Studie, 13(2), 156–170. https://doi.org/10.37956/jbes.v0i0.141




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i1.6976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)