INTEGRASI ILMU DAN MORAL: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT BERADAB
Abstract
Penelitian ini membahas tema "Integrasi Ilmu dan Moral: Tantangan dan Peluang dalam Membangun Masyarakat Beradab." Dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi, peran ilmu pengetahuan dan moralitas menjadi sangat penting dalam membentuk masyarakat yang beradab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam mengintegrasikan ilmu dan moral, serta peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan harmoni antara keduanya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kajian literatur dan analisis kualitatif terhadap berbagai studi kasus di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sejumlah tantangan, seperti materialisme yang menggeser nilai-nilai moral, serta kurangnya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan. Namun, peluang juga muncul melalui peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya etika dalam ilmu pengetahuan, serta inisiatif kolaboratif antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya sinergi antara ilmu dan moral dalam upaya membangun masyarakat yang beradab. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi kebijakan publik dan program pendidikan yang lebih efektif dalam mengintegrasikan kedua aspek ini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, M. A. (2020). Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin: Metode Studi Agama Dan Studi Islam Di Era Kontemporer. Yogyakarta: Litera Cahaya Bangsa
Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam. (2022). Integrasi Teknologi dan Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan: Studi Kasus di Beberapa Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Balitbang Diklat,.
Giri, I. P. A. A., Ardini, N. L., & Kertiani, N. W. (2021). Pancasila sebagai landasan filosofis pendidikan nasional. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 12(1), 116–126.
Hafiz, A., & Rijal, S. (2024). Metodologi Keilmuan Islam: Kajian Epistemologi Terhadap Sumber Pengetahuan. ISME: Journal of Islamic Studies and Multidisciplinary Research, 2(1), 33–41.
Hanafi dan Ainur, R. Sofa (2024). Refleksitas Iman dan Ilmu serta Apresiasinya Berdasarkan Stdi Qur’an dan Hadits. MORAL-VOLUME. 1, NO. 4, DESEMBER 2024.
Huda, N. ( 2023), “Model Pendidikan Berbasis Integrasi Agama dan Sains,” Jurnal Pendidikan Islam dan Sains, Vol. 7, No. 3,
Kementerian Agama RI. (2023). Laporan tahunan pendidikan Islam 2023: Transformasi dan tantangan di era digital (hal. 45). Jakarta: Kementerian Agama RI.
Nasution, dkk., (2023), Filsafat Ilmu: Moral dan Ilmu. Divinitas Jurnal Filsafat dan Teologi Kontekstual, Volume 01, Nomor 01, Januari 2023
Nurdin, dkk., (2024). Tantangan dan Peluang Integrasi Sains dan PAI dalam Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 5 Bogor. Islamic Learning hrizon: Journal of Islamic Education. Vol. 1 No. 1 (2024)
Rizik, M., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pendidikan Masyarakat Modern dan Tradisional dalam Menghadapi Perubahan Sosial dan Modernisasi. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(2), 61²68.
Samsu, L., & Hanafi, H. (2022). Akhlak Dalam Pemikiran Etika Manusia Moderen. Syattar :Studi Ilmu-Ilmu Hukum Dan Pendidikan, 3(1), 25²35. https://doi.org/10.35326/syattar.v1i2.1185
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i1.6977
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia

This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)