UNDERSTANDING POLITICS, POLICY AND EDUCATION AND THE SCOPE OF EDUCATION POLICY IN INDONESIA
Abstract
Tulisan ini memaparkan terkait pengertian politik, kebijakan, dan ruang lingkup pendidikan. Kebijakan ikut serta dalam menentukan bagaimana pengembangan Pendidikan sangat berdampak pada system pembelajaran, kurikulum, serta aksesibilitas pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini bersifat deskriptif yaitu mengacu tulisan pakar pendidikan serta teori yang sesuai. Ruang lingkup politik kebijakan pendidikan mencakup yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan, termasuk aspek kurikulum, pendanaan, rekrutmen dan pengembangan tenaga pendidik, dan pemerataan akses pendidikan. Kajian ini penting untuk dipahami bagaimana keputusan yang strategis di bidang pendidikan dibuat dan bagaimana implikasinya terhadap keadilan serta kualitas pendidikan. Dengan memahami politik kebijakan pendidikan secara komprehensif, diharapkan dapat mendorong partisipasi kritis masyarakat dalam mengawal arah pembangunan pendidikan yang berkelanjutan. Tulisan ini diharapkan bisa memberikan gambaran singkat terkait pengertian politik, Kebijakan serta Ruang Lingkup Pendidikan.
Kata Kunci: Kebijakan, Pendidikan, politik
References
Arifianto. (2020). Politik Pendidikan di Indonesia Teori dan Praktik. Erlangga.
Busro, M., & Iskandar. (2017). Perencanaaan dan Pengembangan Kurikulum. Media Akademi.
Daud, Y. M. (2024). Perkembangan Kebijakan Pendidikan di Indonesia: A Systematic Leterature Review. Intelektualita, 13(1), 115–131. https://doi.org/10.22373/ji.v13i1.24871
Dewantara, K. H. (1947). Pendidikan dan Kebudayaan.
Dewi, M. P., Marsyidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Kompetensi Lulusan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 144–152. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.117
Fernando, D. A., & Sirozi, M. (2024). Pengertian “Politik Pendidikan” dan Perbedaannya dengan “Pendidikan Politik” dan “Politisasi Pendidikan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10994–11000. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.2314
Gintiing, & Mulyana. (2018). Pendidikan dan Politik: Pengaruh KebijakanTerhadap Sistem Pendidikan di Indonesia. Kompas.
Hasibuan, R. H., Dwiningsih, A., & Annisa, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP ) Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Se - Kota Medan. Altafani, 2(2), 228–237. https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i2.186
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Kurikulum Merdeka Konsep Dan Implementasi (2022).
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nur Widiatul Jannah, Fitri Jannah, Riyan Adri, R. A. (2024). Konsep Kebijakan dan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.
Sudjana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Suharto. (2015). Pendidikan Inklusif di Indonesia : Konsep dan Implementasi. Pustaka Pelajar.
Syafrudin. (2018). Pendanaan Pendidikan di Indonesia : Analisis dan evaluasi. Raja Grafindo Indonesia.
Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (2005).
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i1.7173
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia

This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)