Strategi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMK Al-Achyar Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi

Moh Farhan, Harjianto Harjianto, Andika Ronggo Gumuruh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMK Al-Achyar Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Fokus kajian meliputi strategi yang diterapkan sekolah serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru BK, guru PPKn, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter disiplin dilakukan melalui pendekatan edukatif dan religius. Kegiatan seperti apel pagi, doa bersama, salat berjamaah, piket kelas, sistem reward and punishment, serta pembinaan oleh guru BK menjadi instrumen penting dalam menanamkan nilai kedisiplinan. Faktor pendukung meliputi komitmen sekolah, keteladanan guru, sistem pengawasan yang baik, dan kolaborasi dengan orang tua. Sementara itu, hambatan utama berasal dari rendahnya kontrol lingkungan rumah, pengaruh media sosial, dan motivasi internal siswa yang lemah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembentukan karakter disiplin siswa memerlukan strategi yang terintegrasi dan berkelanjutan, serta dukungan dari seluruh komponen sekolah dan keluarga. Penelitian ini merekomendasikan perlunya evaluasi dan penguatan strategi secara berkala agar mampu menjawab tantangan yang dinamis.


References


Yunus, A. and Hijjang, P. (2023). “satu rasa, satu hati”: pembentukan sikap disiplin melalui jiwa korsa pada siswa di smk kesehatan tni-al makassar. Endogami Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 6(2), 11-24. https://doi.org/10.14710/endogami.6.2. 11-24

Triliani, T. (2024). Implementasi program pendidikan karakter untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di smp al-ma’soem jatinangor. Bandung Conference Series Islamic Education, 4(1), 327-333. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.12316

Lumbantoruan, L., Widiastuti, W., & Tangkin, W. (2021). Penerapan rules and procedures untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 546-553. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1084

Simamora, O. (2022). Penerapan sikap disiplin di lingkungan sekolah menengah pertama negeri 2 satu atap batang serangan. Pelita, 2(2), 71-75. https://doi.org/10.56393/pelita.v2i2.991

Utari, N. (2023). Penerapan disiplin positif melalui kesepakatan kelas untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101

Agustin, R. (2024). Pembentukan karakter disiplin siswa kelas vi melalui kultur sekolah. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 30(1), 1. . https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.55059

Mulyani, D. (2023). Perencanaan strategis sekolah. Al-Marsus : JMPI, 1(1), 99. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6446

Suprapto, S. (2022). Membawa pendidikan karakter ke dalam kelas. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(2), 57-61. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/101

Chairiyah, S. (2023). Implementasi dan evaluasi pengendalian strategi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang sekolah dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 3, 87-92. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2923

Apryandi, F. and Rosyidi, M. (2023). Pembelajaran fisika untuk menanamkan karakter islami di international islamic school (studi etnografi terhadap guru fisika). Research and Development Journal of Education, 9(2), 532. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15762

Winata, D. and Bangun, S. (2024). Pembentukan karakter disiplin melalui permainan tradisional pada anak sekolah dasar. Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(1), 73. https://doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.14463




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i2.7721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)