Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Memberikan Penguatan Ecological Citizenship Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo

Nabilla Mutiara Damayanti Pranoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan penguatan ecological citizenship siswa kelas X melalui P5 gaya hidup berkelanjutan di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi informan (wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru fasilitator P5 dan siswa kelas X), dan dokumen (modul ajar P5 gaya hidup berkelanjutan, lembar kerja siswa, dan dokumentasi kegiatan projek, artikel jurnal, dan situs web resmi milik pemerintah). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, analisis dokumen, dan wawancara secara mendalam. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan data. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan di SMA Negeri 2 Sukoharjo telah dirancang secara sistematis, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Namun, dalam pelaksanaannya P5 gaya hidup berkelanjutan memiliki beberapa hambatan (1) siswa belum sepenuhnya menyadari pentingnya pengolahan sampah dan dampak dampak lingkungan dari kebiasaan mereka sehari-hari, (2) fasilitas seperti tempat sampah belum terkelola dengan baik, sehingga siswa masih kesulitan untuk membedakan jenis sampah. Projek ini membuka kesadaran dan kepedulian siswa terhadap isu lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah plastik. Melalui aktivitas edukatif dan praktik langsung seperti pemilahan, pengolahan serta pemanfaatan ulang sampah plastik, siswa mampu memahami nilai-nilai ekologis sekaligus menginternalisasi dimensi profil pelajar Pancasila seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, dan gotong royong. Dengan demikian, pendidikan karakter melalui P5 gaya hidup berkelanjutan memberikan kontribusi dalam membentuk generasi pelajar yang aktif, peduli, dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i2.7779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)