ANALISIS PERJANJIAN KESEPAKATAN MASYARAKAT MENGENAI PENCURIAN BUAH KELAPA SAWIT DITINJAU DARI PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 2 TAHUN 2012 (Studi Kasus di Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara)

Denni Maruli Sitompul, Muhammad Khoirul Ritonga, Toni Toni

Abstract


Penelitian Ini membahas tentang analisis penjanjian kesepakatan masyarakat mengenai pencurian buah kelapa sawit ditinjau dari peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2012 ( studi kasus di desa Bandar Selamat kecamatn Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu ), fokus penelitian melihat pada kedudukan perjanjian kesepakatan masyarakat tentang pencurian buah kelapa sawit, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, data diperoleh melalui hasil angket , tes wawancara dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah perjanjian kesepakatan masyarakat mengenai pencurian buah kelapa sawit di Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu tidak berkekuatan hukum dan sangat bertentangan dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2012 karena didalam peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2012 sudah diatur dalam BAB II pasal 3 mengenai tentang Denda dan didalam Perjanjian Kesepakatan masyarakat terdapat didalamnya mengenai tentang Denda yang melebihi Batas yang sudah di atur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor Tahun 2012 yaitu 1.000.000,00 (satu juta rupiah) per janjang.

Full Text:

PDF

References


Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Juhari, Heri. 2013. Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Tawang Jaya Media.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Pandensolang,O.A,Leonardo. 2015. Kajian Terhadap Tindak Pidana Ringan dalam Proses Peradilan Pidana, Jurnal Lex Crimen, 4 (1): 1-10.

Lubis, Azhari, Hasan. 2015. Penyidikan Tindak Pidana Pencurian Kelapa Sawit di Wilayah Kepolisian Sektor Sosa Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatra Utara, Jom Fakultas Hukum, 2(2): 20-29.

Sugara, Bayu. 2017. Peranan Kepolisian dalam Mencegah Tindak Pidana Pemerasan yang Dilakukan Oleg Preman di Wilayah Hukum Kepolisian Sektor Kota Pekanbaru, Jom Fakultas hukum, 4(1): 22-31.

Ulina, Sri. 2014. Tugas dan Fungsi Kepala Desa Beserta Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Kantor Desa Namo Bintang Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang, Jurnal Perspektif, 7(2): 22-32.

Sumeru, Arief. 2016. Kedudukan Pejabat Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa, JKMP, 4(1):1-11.

Laning, Dwi, Vina dan Wismulyani, Endar. 2009. Masyarakat: Sendi Dasar Kehidupan Berbangsa, JPBOOKS, 2(1):1-10.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v6i2.1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Denni Maruli Sitompul, Muhammad Khoirul Ritonga, Toni Toni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)