HUBUNGAN STATUS GIZI SISWI SMP DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN TERHADAP POLA SIKLUS MENSTRUASI

Anggi Nadra Hanum Siregar, Dewi Karlina Rusly, Rizarullah Rizarullah

Abstract


Masa remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa yang ditandai adanya perubahan fisik, psikis dan psikososial. Pada remaja putri, pubertas ditandai dengan permulaan menstruasi (menarche). Pada remaja putri dibutuhkan status gizi yang baik dalam membantu pertumbuhan remaja termasuk keteraturan siklus menstruasi. Remaja putri yang mengalami asupan gizi kurang atau lebih dapat menyebabkan gangguan fungsi reproduksi dan berdampak pada gangguan menstruasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan status gizi dengan siklus menstruasi pada remaja putri di SMP perkotaan dan pedesaan. Desain penelitian yaitu metode koleratif dengan rancangan cross sectional, populasi yaitu semua remaja putri yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel penelitian ini 120 responden termasuk 60 responden daerah pedesaan dan 60 responden dari daerah perkotaan yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner siklus menstruasi dan lembar obeservasi hasil pengukuran berat badan dan tinggi badan yang dilakukan. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square pada tingkat kemaknaan 95% (α ≤ 0,05), kemudian diperoleh dipedesaan dengan nilai p = 0.401 sedangkan diperkotaan dengan nilai p = 0.203. Ini berarti bahwa nilai p >α (0,05). Dengan demikian bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan siklus menstruasi pada remaja putri di remaja putri di SMP perkotaan dan pedesaan. Dan juga tidak ada perbedaan secara signifikan semua variabel. Saran untuk remaja putri agar lebih menjaga status gizi dan memelihara kesehatan reproduksi mereka agar siklus menstruasi mereka menjadi teratur.

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. Infodation Pusat Data Dan Informasi Kesehatan RI Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta.2013;1-2

Felicia. Stres dan Mekanisme Koping Terhadap Gangguan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri di PSIK UNSRAT MANADO. Jurnal Keperawatan Unsrat. 2015;3(1):1-7.

Melia P. Hubungan Status Gizi Dengan Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Siswi Remaja Di SMA N 12 Padang Tahun 2015. Journal Medica Saintika. 2016;7:35-45. http:jurnal.syedzasaintika.ac.id.

Pebrina M. Hubungan Status Gizi Dengan Keteraturan Siklus Mentruasi. Jurnal Fk Unsrat. 2016;2-3.

Vilda A. Karakter Gizi Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Remaja Urban dan Rural di Provinsi Jawa Tengah. 2015;43-52.

Kandou PRD, Tombokan KC, Pangemanan DHC. Hubungan Antara Stres dan Pola Siklus Menstruasi Pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Madya ( co-assistant ). Jurnal Akademi Keperawatan Telanai Bhakti Jambi. 2017;5-6.

Jannah M. Remaja dan Tugas-Tugas Perkembanganya. Journal Psikoislamedia. 2016:1-1.

Emillia SL. Perbandingan Usia Menars dan Pola Siklus Menstruasi Antara Remaja Putri di Kota dan Desa (SMP Negeri 6 Makassar dan SMP Negeri 11 Bulukumba). Jurnal UNHAS. 2013;3-4.

Hutagaol E, Kundre R, Studi P, et al. Hubungan Status Gizi Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri di Psik Fk Unsrat Manado. 2015;3.

Irmayanti V. Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Terhadap Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri di SMPN 17 Kota Jambi Tahun 2012. Akad Keperawatan Telanai Bhakti Jambi. 2013;2(1):1.

Wahyuni Y, Dewi R. Gangguan siklus menstruasi kaitannya dengan asupan zat gizi pada remaja vegetarian.E-journal Undip. 2018;6(2):76-81.

Supratikyo. Hubungan Status Gizi Dengan Siklus Menstruasi Remaja Putri Ma’hadul Qur’an Sukorejo Situbondo. Jurnal Ibrahimy. 2016;3(1).




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v6i2.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anggi Nadra Hanum Siregar, Dewi Karlina Rusly, Rizarullah Rizarullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)