PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN PADA MATERI PELAJARAN KEWARGANEGARAAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Junita Junita, Marlina Siregar

Abstract


Dalam penelitian ini ada kalanya peneliti menjadikan keseluruhan objek untuk diteliti. Sehingga penulis hanya mengambil sebahagian saja dari seluruh objek yang diteliti sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pengajaran remedial terhadap prestasi belajar kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan tahun pelajaran 2015/2016. Untuk mendapatkan jawaban pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian korelasi product moment dengan populasi berjumlah 278 orang dan sampel 48 orang dari banyak populasi yang ada di kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Maka untuk menguji kebenaran hipotesa teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik korelasi product moment adalah sebagai berikut: untuk mengetahui pengajaran remedial (variabel x) kewarganegaraan (variabel Y) tahun pelajaran 2015/2016, dilakukan uji korelasi rxy=0511, dengan jumlah responden= 40 orang, sedangkan tabel = 0,334, dengan harga rh>rt yaitu 0,511>0,334 sehingga koefisien korelasi x terhadap y (4,031>2,029), dengan demikian konstribusi dinyatakan dengan Ho= ditolak dan Ha= diterima, maka hipotesis dapat disimpulkan “ ada hubungan yang positif dan siginifikan anatar pengajaran remedial terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan.

Full Text:

PDF

References


. Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

. Ali, Muhammad. 2003. Penelitian Survei, Kesuma, Jakarta.

. Arikunto, Suharsami, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Rineka Cipta, Jakarta.

. Dalyono. 1999. Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

. Damayanti. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Grasindo, Jakarta.

. Makmun. 2003. Psikologi Pendidika, Rosdakasrya, Jakata.

. Muktar. 2005. Pengajaran Remedial, Nimas Multima, Jakarta.

.Nasution. 2002. Dasar dan Azas-azas Mengajar, Budi Aksara, Jakarta.

. Muntoha, Pendidikan Dalam Perspektif Hukum (Antara Harapan dan Realita), Jurnal Madaniyah, Vol. 1 Edisi X Januari. ISSN 2086-3462, Halaman: 94:2016.

. Ihksan, 2017. Kecendrungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Kewarganegaraan di Sekolah, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 2, Juli, ISSN 2527-7057 (Online), ISSN 2545-2683

(Printed). Halaman: 54:2017.

. Rinoyo Gusdiwo, dkk, Hubungan Antara Pengetahuan Hukum Dengan Tingkat Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah Pda Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta , Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Halaman: 12:2016.

. Yuniastuti, Eksistensi, Moral dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Th 23, Nomor 2, Agustus, Halaman:40:2010.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v6i2.1493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Junita Junita, Marlina Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)