PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MARBAU LABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Junita Junita, Rohana Rohana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa yang di belajarkan dengan metode ceramah dengan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan metode Simulasi pada materi perlindungan dan penegakan HAM di kelas VII Negeri 2 Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara berjumlah 240 yang terdiri dari 6 kelas, yakni : kelas VII 1 = 37 orang, kelas VII 2 = 40 orang, kelas VII 3 = 40 orang, kelas VII 4 = 41 orang, kelas VII 5 = 41 orang. Maka jumlah total populasi = 240 orang siswa. Sampel yang di tetapkan sebagai kelas terkontrol yaitu kelas VII 2 = 40 orang dan kelas yang diberi perlakuan metode simulasi kelas VII 1 = 37 orang. Sampel yang di tetapkan sebagai kelas terkontrol yaitu kelas VII 1 = 37 orang dan kelas yang diberi perlakuan metode simulasi kelas VII 2 = 40 orang. Variabel penelitiannya yaitu : variabel bebasnya : metode simulasi dan variabel terikat : Hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Guided Discovery mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Guided Discovery sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung

Anita. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Dimyanti Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Muhibbin Syah. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka cipta

Sanjaya. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers

Sudjana. 2005. Psikologi belajar. Jakarta. Rineka cipta

Suryosubroto. B. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

. Muntoha, Pendidikan Dalam Perspektif Hukum (Antara Harapan dan Realita), Jurnal Madaniyah, Vol. 1 Edisi X Januari. ISSN 2086-3462, Halaman: 94:2016.

. Ihksan, 2017. Kecendrungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Kewarganegaraan di Sekolah, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 2, Juli, ISSN 2527-7057 (Online), ISSN 2545-2683

(Printed). Halaman: 54:2017.

. Rinoyo Gusdiwo, dkk, Hubungan Antara Pengetahuan Hukum Dengan Tingkat Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah Pda Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta , Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Halaman: 12:2016.

. Yuniastuti, Eksistensi, Moral dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Th 23, Nomor 2, Agustus, Halaman:40:2010.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v6i2.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Junita Junita, Rohana Rohana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)