PEMBELAJARAN ANALOGI UNTUK MEMBENTUK SIKAP DAN MORAL SISWA PADA KONSEP LOGIKA MATEMATIKA

Rizki Putri Yolanda Ritonga, Lily Rohanita Hasibuan

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar perilaku siswa masih belum mencerminkan sikap dan moral yang baik. Sikap dan moral di SMA Negeri 2 Bilah Hulu hanya disampaikan oleh guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama, sedangkan untuk mata pelajaran yang lainnya guru lebih berfokus pada penyampaian materi dibandingkan penanaman nilai sikap dan moral kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk sikap dan moral siswa setelah diberikan pembelajaran analogi pada konsep logika matematika di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Bilah Hulu pada semester genap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi sikap dan moral siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskiptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase rata-rata sikap dan moral siswa pada pertemuan I  sebesar 41,55%, pada pertemuan II sebesar 60,44%, pada pertemuan III sebesar 77,99%, dan pada pertemuan IV sebesar 85,75%. Persentase sikap dan moral siswa tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada tiap pertemuan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran analogi dapat membentuk sikap dan moral siswa.

Full Text:

PDF

References


A.P, D. (2017). Pengaruh Prestasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Moralitas Siswa SMP Negeri 2 Patuk Gunung Kidul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Agustina Pertiwiningrum, M. I. (2013). Implementasi Perangkat Pembelajaran Berkarakter Berorientasi Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Melatihkan Sikap Moral Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS), 240-249.

Anggraini, P. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Siswa Berbasis Analogi Konten Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Benda Tegar. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Aranta, P. Z. (2014). Pengaruh Moralitas Aparat dan Asimetri Informasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris Pemerintah Kota Sawahlunto). Padang: Universitas Negeri Padang.

Safitri, I. (2018). PEMBELAJARAN ANALOGI PADA KONSEP VEKTOR UNTUK MEMBENTUK SIKAP DAN MORAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA. SIMPOSIUM FISIKA NASIONAL(SFN-XXXI) (hal. 240-249). Medan: Universitas Negeri Medan.

Safitri, I. (2018). The Character Education Through Analogy Learning Implementation on Vector Concepts. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 75-82.

Yuningsih. (2014). Menguatkan Kembali Pendidikan Keagamaan Dan Moral Anak Didik. Jurnal ISTEK, 199-216.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v6i2.1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizki Putri Yolanda Ritonga, Lily Rohanita Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)