KREATIVITAS GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MIN 8 ACEH BARAT

Muhammad Rezki Andhika

Abstract


Perkembangan Pendidikan Dasar di Indonesia masih banyak yang perlu dibenahi, seperti kekurangan jumlah dan kualitas Guru. Peran dan fungsi guru dalam mencerdaskan siswa sangat dominan dan menentukan, serta mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan kualitas pendidikan. Pendidikan yang berkualitas juga ditentukan oleh kreativitas guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Karena siswa terkadang bosan dan jenuh dengan pelajaran yang tetap dan selalu sama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk kreativitas guru di MIN 8 Aceh Barat dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kreatifitas guru di MIN 8 Aceh Barat dalam menumbuhkan minat belajar siswa terdiri dari: Penggunaan media belajar yang kreatif seperti media audio, audio visual, media kartu kata dan media gambar, Penggunaan strategi mengajar kreatif dan bervariasi seperti diskusi, kelompok, ceramah, tanya jawab, penugasan dan strategi Reading Aloud, Pengelolaan kelas yang kreatif seperti formasi leter-U dan berkelompok. Sementara penerapan kreatifitas guru diterima dengan baik. Dengan kata lain Secara keseluruhan penerapan kreatifitas guru mendapatkan respon dari siswa, dan menumbuhkan minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah (Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2013), Cet. Ke I.

Anomim, Ciri-Ciri Guru Kreatif Yang Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Hamzah B. Uno & Nurdin Muhammad, Belajar Dengan Pendekatan PALKEM (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), cet ke II.

Ngainum Naim, Rekonstruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma yang Mencerahkan, (Yogyakarta: Teras, 2009).

Sri Narwanti, Creative Learning Kiat Menjadi Guru Kreatif dan Favorit (Yogyakarta: Familia, 2011).




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v7i1.1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Rezki Andhika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)