PEMANFAATAN AKUN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENGATASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI LUBUKLINGGAU

Agus Susilo, Andriana Sofiarini

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau pada masa pandemi Covid-19. Sistem pembelajaran online yang mulai diterapkan dalam berbagai lingkungan jenjang pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan akun Google Classroom dalam mengatasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada Mahasiswa Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam metode kualitatif ini data penelitian yang dikembangkan adalah data hasil deskripsi pengamatan di lapangan terhadap sistem pembelajaran online di Kampus Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau. Untuk menunjang penelitian ini, peneliti menambahkan sumber referensi lainnya dari jurnal dan buku ilmiah yang relevan dengan kajian penelitian yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19 adalah akibat pandemi yang melanda dunia dan mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia maka pembelajaran dilaksanakan secara online untuk memutus penyebaran Covid-19. Pembelajaran secara online ini harus tetap memiliki tujuan dan tetap berkualitas agar para peserta didik mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi masa depannya. Sedangkan Google Classroom Solusi Pembelajaran Jarak Jauh di Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau adalah mahasiswa dan Dosen sepakat untuk memilih aplikasi ini sebagai media penunjang sistem pembelajaran daringnya. Meskipun aplikasi penunjang pembelajaran lainnya juga digunakan. Melalui Google Classroom ini, Dosen dapat mengajar mahasiswa dengan memberikan materi, link video, PPT, dan penilaian juga dapat dilakukan melalui Google Classroom. Simpulannya adalah dalam pembelajaran online di Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau harus tetap semangat dan mampu memberikan pembelajaran yang terbaik agar mahasiswa mendapatkan materi-materi yang bermanfaat.


Full Text:

PDF

References


Abrianto, Danny dan Sitompul, H. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1), 50–62.

Atikah, Rini, dkk. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PETIK), 7(1), 7–18. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Fatma Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 5–12.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitra, Awaludin, dkk. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi, 3(2), 101–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387

Fitriyani, Yani, dkk. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Ghulamudin, Mirza Ghulamudin, dkk. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(2), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i2.1710

Hapsari, S. A. dan H. P. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Harefa, N. dan S. S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88–100. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270

Hikmatiar, Hamzarudin, dkk. (2020). Utilization of Google Classroom-Based Learning Management System in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Ivan Ashif Ardhana. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom untuk Meningkatkan Persepsi Pembelajaran Digital Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(2), 88–93. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JRPK.102.04

Kuswanto, J. dan F. R. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 68–75.

Listiyani, Istna, dkk. (2021). Analysis of The Use of Google Classroom in Online Learning at Elementary School. PAEDAGOGIA, Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 187–197. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/paedagogia.v24i2.55012

Maknuni, J. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 2(2), 94–106. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/IDEAL/article/view/10465

Moleong, L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, E. dan R. P. (2019). Media Tradisional di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Dan Informatika, 179–184. Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/snki/article/view/2653

Nur, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Google Classroom Dan Zoom Pada Pembelajaran Pai Di Man 1 Kabupaten Tangerang. QATHRUNÂ : Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan, 8(2), 63–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/qathruna.v8i2.5367

Nurpratiwiningsih, L. (2021). Pembelajaran Google Classroom bagi Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 105–109. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p105-109

Permata, A., & Bhakti, Y. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Pramayogi, D. (2019). Inovasi dalam pembelajaran sejarah. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(2), 17–22.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Purnamasari, S. dan K. R. A. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV-B SDN Kembangan Utara 012 Petang. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 169–176. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1482

Qurrotaini, Lativa, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869

Romadhon, M. (2021). Google Classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3097

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (JPPP), 4(3), 533–538. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Sawitri, D. (2021). Penggunaan Google Classsroom Bagi Para Guru Di Lingkungan Perg. Muhammadiyah MTS Cabang Medan Baru. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 38–46. Retrieved from https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/380

Suartini, T. dan A. I. (2021). Pengaruh Google Classroom Berpadu Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap Hasil Belajar Peserta Didi. Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 9–20. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi/article/view/3114

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Agus. (2019). Strategi Pembelajaran Kreatif & Inovatif di Perguruan Tinggi. Cirebon: Nusa Litera Inspirasi.

Susilo, Agus & Sofiarini, A. (2020). Pembelajaran Sejarah Online Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau Di Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 3(1), 24–32. Retrieved from https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KAGANGA/article/view/1303

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL, 17(1), 234–242. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/insp.v17i1.1568.g714

Widayanti, E., Tamala, E., Prasetya, P., & Rofiqotutdari, T. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dimasa Pandemi MI NURUL HUDA Sukaraja. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i1.314

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. ERUDIO (Jurnal Of Educational Innovation), 2(1), 7–21. https://doi.org/https://doi.org/

Widiyasanti, M. & Y. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER, 8(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience.