PENGGUNAAN THREE TIER TEST UNTUK MENDIAGNOSA MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH EKSPONENSIAL

Dita Yuzianah, Siti Fatimah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiagnosa miskonsepsi pada siswa dalam menyelesaikan masalah eksponensial dan (2) mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang merupakan siswa berkemampuan rendah kelas X MIA 2 MA Negeri Purworejo. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu siswa berkemampuan rendah mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan masalah eksponensial. Beberapa miskonsepsi yang dialami yaitu: (1) Tidak benar dalam membedakan mana yang merupakan contoh konsep dan yang bukan contoh konsep. (2) Tidak benar dalam menyajikan konsep dalam bentuk lain yang lebih sederhana atau dalam bentuk simbol-simbol matematika. (3) Kesalahan penarikan kesimpulan. Selain itu siswa juga mengalami kurang teliti dalam mengerjakan soal, kecerobohan siswa, serta salah dalam mengomunikasikan soal matematika, hal ini termasuk penyebab miskonsepsi karena diri sendiri. Selain itu penyebab miskonsepsi yang lain yaitu metode belajar, metode pembelajaran, guru, dan sumber referensi.

Kata kunci: Three Tier Test, miskonsepsi, eksponensial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dita Yuzianah, Siti Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)