CATATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH: HASIL BELAJAR SAINS DAN PEMBELAJARANNYA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Muhammad Syazali, Umar Umar

Abstract


Pembelajaran jarak jauh dan umumnya dilaksanakan secara daring yang sudah terlalu lama menimbulkan kekhawatiran terhadap hilangnya kemampuan belajar mahasiswa. Kekhawatiran tersebut perlu dibuktikan melalui monitoring terhadap proses dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan hasil belajar sains dan pembelajarannya pada mahasiswa diera pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di Program Studi PGSD Universitas Mataram. Sampling dilakukan secara purposive. Sampel terdiri dari 192 mahasiswa yang ukurannya ditentukan dengan menggunakan persamaan dari Slovin. Data aktivitas dan hasil belajar dikoleksi selama perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022 menggunakan instrumen berupa dokumen hasil analisis U1, U2 dan U3 untuk mendapatkan nilai akhir pada mata kuliah Ilmu Kelamiahan Dasar (IKD) dan Pembelajaran Sains SD. Data yang berhasil dikoleksi dianalisis secara deskriptif dengan bantuan program SPSS for Windows versi 25. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar sains dan pembelajarannya sebesar 70.97 (setara dengan B) berkategori baik. Secara berurutan, nilai minimum, median, nilai maksimum dna range adalah 13 (setara E) kategori sangat buruk, 74.98 (setara B+) kategori baik, 95 (setara A) kategori sangat baik dan 82 (setara A) kategori sangat baik. Modus adalah 75 dan 78 dengan frekuensi sebesar tujuh. Nilai modus setara dengan B+ dan kategori baik. Mulai dari persentil 15 nilai mahasiswa sudah berada pada kategori cukup, sehingga paling tidak ada 85% mahasiswa memiliki nilai kategori cukup dan di atasnya. Ini diperkuat dengan data distribusi di mana hanya sebesar 10.5% dari mahasiswa yang derajat penguasaanya berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah menguasai konsep sains dan dapat membelajarkannya pada peserta didik di Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Bradley, V. M. (2021). Learning Management System (LMS) use with online instruction. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(1), 68–92. https://doi.org/10.46328/ijte.36

Can, B., Yildiz-Demirtas, V., & Altun, E. (2017). The effect of project- based science education programme on scientific process skills and conceptions of Kindergarten students. Journal of Baltic Science Education, 16(3), 395–413.

Dahdal, S. (2020). Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning. 1–11. https://doi.org/10.1177/0047239520928307

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa menggunakan media aplikasi Google Meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687

Fearnley, M. R., & Amora, J. T. (2020). Learning Management System Adoption in Higher Education Using the Extended Technology Acceptance Model. IAFOR Journal of Education: Technology in Education, 8(2), 89–106.

Ferdianto, T., Faniru Pakuning Desak, G. G., & Lena. (2018). A Comparative Study of Teaching Styles in Online Learning Environment. International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2017, 8273505. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2017.8273505

Fuady, I., Sutarjo, M. A. S., & Ernawati, E. (2021). Analysis of Students’ Perceptions of Online Learning Media During the Covid-19 Pandemic (Study of E-learning Media: Zoom, Google Meet, Google Classroom, and LMS). Randwick International of Social Science (RISS) Journal, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.47175/rissj.v2i1.177

Gunawan, G., Sahidu, H., Susilawati, S., Harjono, A., & Herayanti, L. (2019). Learning Management System with Moodle to Enhance Creativity of Candidate Physics Teacher. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012078

Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B. A., Gunawan, G., & Makhrus, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah meggunakan media Moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada materi gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 158–167.

Mpungose, C. B., & Khoza, S. B. (2020). Postgraduate Students’ Experiences on the Use of Moodle and Canvas Learning Management System. Technology, Knowledge and Learning, 27(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09475-1

Nasution, A. R., Nandiyanto, A. B. D., & Department. (2021). Utilization of the Google Meet and Quiziz Applications in the Assistance and Strengthening Process of Online Learning during the COVID-19 Pandemic. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(1), 31–34. https://doi.org/10. 17509/xxxxt.vxix

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran (WhatsApp Group As Learning Media). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Putra, R. W. P. (2021). Improving the Students ’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning. Englie: English Learning Innovation, 2(1), 35–42.

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh kepemimpinan guru dan keterampilan manajemen kelas terhadap perilaku belajar siswa kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.

Saputro, B., & Susilowati, A. T. R. I. (2019). Effectiveness of Learning Management System (LMS) on In-Network Learning System (SPADA) Based on Scientific. Journal for the Education of Gifted Young, 7(3), 481–498.

Septantiningryas, N., Juhji, J., Sutarman, A., Rahman, A., Sa’adah, N., & Nawisa. (2021). Implementation of Google Meet Application in the Learning of Basic Science in the Covid-19 Pandemic Period of Student Learning Interests. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012068

Simanullang, N. H. ., & Rajagukguk, J. (2020). Learning Management System (LMS) based on Moodle to improve students learning activity. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067

Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M., & Sutisna, D. (2020). Kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran daring dimasa andemi Covid-19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 184–191. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.36

Syazali, M., Wira, L., & Amrullah, Z. (2021). Assessment hasil belajar sains mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dimasa pandemi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.136

Tim Penyusun. (2019). Pedoman Akademik Universitas Mataram. Mataram: Mataram University Press.

Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and strategy for distance learning to respond Covid-19 pandemic in Indonesia. International Information and Enginering Technology Association, 25(3), 383–390. https://doi.org/10.18280/isi.250314 Received:

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Syazali, Umar Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)