Analisis Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid 19

Ni Putu Yuniarika Parwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring selama satu semester sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat menjawab permasalahan yang terjadi selama kuliah daring dan dapat menyempurnakan metode pembelajaran daring kedepannya. Instrument penelitian ini berupa kuesioner online yang disebar dengan bantuan google form pada bulan September 2021. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dengan melibatkan subjek penelitian yang merupakan 48 mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah. Mahasiswa melaksanakan pembelajaran daring melalui Edlink,Video Conference dengan platform aplikasi Zoom, Google Classroom dan Whatsapp. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google Form pada 48 respoden yang terdata di dapatkan data sebagai berikut: Melalui pertanyaan pertama jika kuliah daring diperpanjang, bagaimanakah tanggapan mahasiswa? Dilihat dari tanggapan yang di sampaikan mahasiswa bahwa para mahasiswa lebih senang pembelajaran daring diperpanjang sebanyak 35 orang; mahasiswa yang tidak senang diperpanjang sebanyak 5 orang; mahasiswa yang menjawab biasa saja sebanyak 6 orang; dan merespon lainnya sebanyak 2 orang. Mahasiswa yang menjawab senang dikarenakan dapat belajar dari mana saja bahkan ada yang belajar dari kampung halaman mereka di Nusa Tenggara. Mahasiswa Prodi Pendidikan sejarah banyak yang berasal dari luar pulau Bali, jadi sangat bisa dimengerti kalau mereka lebih menyukai metode belajar jarak jauh. Mahasiswa yang menjawab tidak senang memberikan alasan bahwa mereka ingin segera belajar secara normal seperti biasa sebanyak 10%. Berbagai alasan disampaikan oleh responden yang menjawab angket sebanyak 46 respoden mengatakan bahwa perpanjangan dianggap perlu dilakukan karena kasus Covid-19 masih terus meningkat.


Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Lestanto, P. S. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 105-110.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. ScienceDirect, 18-26.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di pendidikan vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 224-231.

Maulipaksi, D. (2020). Pembelajaran di Rumah Jangan Hanya Fokus pada Akademik, Ajarkan Anak Tematik tentang Covid-19. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/pembelajaran-di-rumah-jangan-hanya-fokus-pada-akademik-ajarkan-anak-tematik-tentang-covid19

Nizam. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi, Edisi II. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Sugiyono, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UNESCO. (2020c). UNESCO survey highlights measures taken by countries to limit impact of COVID-19 school closures. Retrieved July 14, 2020, from https://en.unesco.org/news/unesco-survey-highlights-measures-taken-countries-limit-impact-covid-19-school-closures




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience.