EFEKTIVITAS LATIHAN ZIG-ZAG TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA

Jud Jud, Sariul Sariul, marsuna marsuna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan zig-zag dengan kemampuan dribbling pada permainan sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 5 Kendari yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berjumlah 30 orang. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi yang dijadikan sampel, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Instrumen kemampuan dribbling menggunakan tes dribbling sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu latihan zig-zag. Data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji reliabilitas menggunakan SPSS versi 20, selanjutnya pengujian hipotesis dengan uji statistika uji-t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α 0,05 maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas latihan zig-zag terhadap kemampuan dribbling pada permainan sepak bola, dimana thitung = 9,86 dan ttabel pada saat distribusi nilai yaitu pada taraf kepercayaan 0,05 = 2,045. Terbukti bahwa terdapat presentase peningkatan sebesar 15,31% pre test dan post test setelah melakukan latihan zig-zag.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Yani, A. M. (2020). Pengaruh Latihan Kelincahan Lari Zig-Zag terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola. XX(X), 1–10.

Akhmad, I. (2013). Dasar-Dasar Melatih Fisik Olahragawan. Medan Unimed Press.

Antoni Widodo, I. N. (2021). Hubungan Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan dengan Kemampuan Menggiring Bola pada Sekolah Sepak Bola Bina Bintang Muda Kepri. Olahraga, Bersama Asia, Laju, 4(1), 1–17.

Antoro, H., & Rahmat, Z. (2021). Pengembangan Model Latihan Zig-Zag terhadap Kelincahan Atlet Sepak Bola Tunas Muda Aceh Singkil. 2(1).

Firky Ciptadi Rizki, D. (2015). Pengaruh Latihan Zig-Zag Terhadap Menggiring Bola di Ekstrakurikuler Sepakbola MTS Negeri 2 Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Rekreasi FKIP UNTA.

Herman Syah, Subakti, N. (2021). Model Latihan Dribble Sepakbola untuk Pemula. 2, 19–30.

I Made Hardi. (2018). Perbedaan Efektivitas Shuttle Run dengan Zig Zag Run pada Intervensi Neural Mobilization untuk Meningkatkan Kelincahan Pemain Sepak Bola Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. 6(3), 35–38.

Kusumawati, M. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes. Alvabeta,CV.

Mawardi, A. M. (2021). Pengaruh Latihan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Pemain Sepak Bola Di Ssb Mitra Fc U-19 Kabupaten Sumenep. 05, 321–330.

Novsir, B. (2020). Pengaruh Latihan Lari Zig – Zag Menggunakan Beban Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri 4 SELUMA. 1(1), 9–15.

Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bekerjasama dengan Ditjen Olahraga.

Sugiyono. (2008). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.

Wora, D. et al. (2017). Pelatihan Zig-Zag Run Lebih Efektif Meningkatkan Kelincahan Menggiring Bola Dari Pada Pelatihan Shutlle Run Dalam Permainan Futsal. Sport and Fitness Journal, 5(2), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jud Jud, Sariul Sariul, marsuna marsuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)