PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA ETNOMATEMATIKA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DENGAN SATUAN HITUNG TIDAK BAKU KHAS BANYUMAS
Abstract
Penelitian ini mempunyai maksud buat menyebarkan materi ajar bernuansa etnomatematika menggunakan satuan hitung nir standar spesial  Banyumas dalam sekolah dasar. Secara lebih jelasnya pada penelitian ini diungkapkan 1) output observasi penggunaan materi ajar pada pembelajaran matematika ditujukan dalam kelas III, 2) output pengembangan bahan ajar matematika bernuansa etnomatematika menggunakan satuan hitung nir standar spesial  Banyumas, 3) evaluasi didasari menggunakan data yang disusun sang tim validator buat pengembangan bahan ajar matematika, 4) evaluasi materi ajar diambil menurut pengguna eksklusif yaitu pengajar dan siswa terhadap materi ajar bernuansa etnomatematika menggunakan satuan hitung nir standar spesial  Banyumas. Populasi pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas III pada sekolah wilayah Banyumas. Metode penelitian ini memakai jenis penelitian yaitu research and development (R dan D). Hasil produk berupa materi ajar matematika bernuansa etnomatematika menggunakan satuan hitung nir standar spesial  banyumas dalam SD. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, validasi tim ahli, evaluasi tim pengajar, dan survey siswa. tahapan pengembangan bahan ajar menggunakan model 4-D yaitu define, design dan develop. Pada setiap tahapan define membutuhkan latar belakang pentingnya bahan ajar etnomatematika satuan khas Banyumas harus diterapkan yaitu latar belakang orangtua sebagai berdagang sehingga pembelajaran secara kontekstual. Tahap design melakukan kegiatan mendesain bahan ajar mulai cover, isi, dan penutup. Tahap develop yaitu merevisi draf mentah untuk mendapatkan skor yang terbaik dan dinyatakan valid sebesar 4,46 dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan di pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Alobaid, A. (2020). Smart multimedia learning of ICT: role and impact on language learners’ writing fluency—YouTube online English learning resources as an example. Smart Learning Environments, 7(1), 1-30. DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-020-00134-7
Ansari, J. A. N., & Khan, N. A. (2020). Exploring the role of social media in collaborative learning the new domain of learning. Smart Learning Environments, 7(1), 1-16. DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-020-00118-7
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114. DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni [Journal of Physics Education Al-Biruni], 5(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 266427. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707
Estriyanto, Y. (2020). Penguatan Ketahanan Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19 dengan Program Kuliah Kerja Nyata. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(2). DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.46541
Hamidi, R. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cd Interaktif Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Rangkaian Listrik Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3).
Hanifah, U. (2014). Pentingnya buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa arab. Jurnal At-Tajdid, 3(1), 99-121.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-o-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(1). DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.193
Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 28-39. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352
Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.
Ningrum, T. W. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2019). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Keterampilan Batik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 245-251. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p245
Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish.
Pawestri, A. G. (2020). Membangun Identitas Budaya Banyumasan Melalui Dialek Ngapak Di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 255-266. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i2.24791
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176
Setiyadi, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30-38. DOI: https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.3213
Setiyadi, D., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2018). The Problem Based Learning Model with Etnomatematics Nuance by Using Traditional Games to Improve Problem Solving Ability. Journal of Primary Education, 7(2), 176-186. DOI: https://doi.org/10.15294/jpe.v7i2.23526
Setiyadi, D., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2018). The Problem Based Learning Model with Etnomatematics Nuance by Using Traditional Games to Improve Problem Solving Ability. Journal of Primary Education, 7(2), 176-186. DOI: https://doi.org/10.15294/jpe.v7i2.23526
Sumiarsi, N. (2015). Analisis kompetensi pedagogik dan pengembangan pembelajaran guru SD negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). DOI: https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2206
Supardi, U. S. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.
Uloli, R. (2014). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo (Anggota 3). Penelitian Dana PNBP, 2(805).
Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Keja Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 124-135. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28612
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Desi Setiyadi, Irpan Munjaji, Naimah Naimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.