PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK KELAS V TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA BERBANTU QR CODE DI SD NEGERI 53 LUBUKLINGGAUTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Eriska Gustiana, Dodik Mulyono, Andri Valen

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik kelas V tema lingkungan sahabat kita berbantu Qr Code di SD Negeri 53 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangkan 4-D. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 53 Lubuklinggau yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli bahasa, ahli materi dan ahli media secara keseluruhan memiliki nilai dengan rata-rata 0,85 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sementara hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari uji kelompok kecil, uji kelompok besar dan uji kepraktisan guru diperoleh nilai dengan rata-rata 94,04% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji efektifitas dari hasil rata-rata pretest dan posttest diperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 yang termasuk kedalam kategori tinggi. Berdasarkan data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbantu Qr Code untuk siswa kelas V sekolah dasar dapat dikatakan valid, praktis dan juga efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Qr Code, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bahraeni. (2017). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawmelalui Kegiatan Desiminasi Pada Stais Ddi Maros. 6(1), 100–109.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lestari, W. S., Susilo, H., & Setyosari, P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Siswa Kelas IV. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Malawi, Ibadullah & Ani Kadarwati. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Solo: CV. AE Media Grafika.

Meynisfhy, A., Satria, T.G., Valen. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Discovery Learning Pada Tema 7 Kelas V SD Negeri 79 Lubuklinggau. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 5, Nomor 1. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd.

Muftianti, A. (2019). Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi (Vol. 3, Issue 2).

Nasruddin. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Daerah Bima Berbantu Quick Response Codes Kelas X SMA Negeri 1 Woha. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 26–31. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.

Nurhidayah, N., Firdaus, F., Amaliah, N., & Atirah, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan QR Code pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA. SAINTIFIK, 7(2), 105–111. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.324.

Panggabean, Nurul Huda & Amir Danis. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis.

Pratiwi, S. I., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.307.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setia Sari Utami , Asep Sukenda Egok, A. V. (2020). Development of Thematic Worksheet Based on Character Education for Fifth Graders Schools. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(1), 8–14.

Valen, A. (2020). Analisis Pemahaman dan Kemampuan Guru Menyusun Soal Mid Semester Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 1084–1097.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eriska Gustiana, Dodik Mulyono, Andri Valen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)