IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LIFE SKILL PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C UNTUK MEMBEKALI WARGA BELAJAR YANG SIAP MEMASUKI LAPANGAN KERJA

Idah Rosidah, Supyan Sauri, Cahya Syaodih

Abstract


Rendahnya kualitas sumber daya manusia tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan yang tak kunjung teratasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan analisis tentang implementasi pembelajaran life skill pada program kesetaraan paket C untuk membekali warga belajar yang siap memasuki lapangan kerja berdasar aspek-aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan, dan solusi. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran life skill pada program kesetaraan paket C untuk membekali warga belajar yang siap memasuki lapangan kerja dilakukan dengan melaksanakan rapat bersama Tutor dan Admin. Pengelolaan tutor yang mengajar ditentukan berdasarkan keterampilan dasar dalam mengajar warga belajar. Evaluasi dilakukan terkait minat belajar warga belajar diantaranya metode hibur, dapat membantu meningkatkan rasa suka, senang dan minat yang lebih pada suatu materi. Hambatan yakni jaringan tidak stabil, warga belajar yang sudah bekerja minat belajarnya kurang karena sudah lelah bekerja dan masih banyaknya warga belajar yang tidak percaya diri dalam mengikuti pembelajaran. Solusi yakni memberikan sosialisasi dalam proses pembelajaran dengan mengikuti pembelajaran dengan jaringan yang stabil, tutor memberikan pembelajaran secara daring yang fleksibel, dan tutor memberikan dukungan yang sifatnya membangun rasa percaya diri warga belajar.


Full Text:

PDF

References


Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rieneka Cipta.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Direktorat. (2012). Standar dan Prosedur Penyelenggaraan Pusat kegiatan Belajar Masyarakat. Jakarta: Kementerian RI.

Hanafi. (2015). Pengembangan Program Kecakapan Hidup (Life Skills) Untuk Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Pesantren. Jurnal Life Skill., 3(2), 1-15.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Kuntoro. (2006). Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF., 1(2), 14-18.

Mendiknas. (2008). Standar Proses Pendidikan Kesetaraan, Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasokha. (2008). Pembelajaran Life Skill (Kecakapan Hidup) dengan Metode Parent’s Day Di Mts Negeri 1 Malang. Malang: Repository UMM.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Sudjana. (2007). Pendidikan Nonformal, Jurnal dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Suhaenah. (2016). Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di SKB Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)., 1(1), 141-165.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.

Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242.

Widiastuti. (2018). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Memberdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Tata Boga. Jurnal COMM-EDU., 1(2), 1-6.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience.